Berita ยป Meramu Kerjasama dengan Fakultas Farmasi

Tagline Balitbangtan, science-innovation-network, harus dijadikan penggerak menyampaikan inovasi hasil litbang, termasuk mengembangkan kerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya. Tanggal 7 Agustus 2015, Balitkabi mendapatkan kunjungan dari tiga staf pengajar Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) disertai dengan mahasiswa magang dari Amerika yakni Dr. Ika Puspita Sari, Dr. Rr. Endang L., dan Dr. Nunung Yuaniarti.

Kunjungan diterima oleh Erliana Ginting M.Sc., Dr. Eryanto Yusnawan, Rahmi Y. S.TP., dan Muchlish Adie.Kunjungan tersebut merupakan kehormatan bagi Balitkabi, bagi Pusat Riset Akabi. Selain lima komoditas akabi, Balitkabi juga menangani berbagai komoditas potensial yang belum terlalu banyak diungkap nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan manusia.

Demikian juga Ibu Ika merasa tepat berkunjung ke Balitkabi, karena banyak komoditas yang diteliti. Saat ini pangan fungsional menjadi tumpuan manusia modern. Juga disampaikan bebagai potensi aneka umbi sebagai nutraseutikal.

Inisiasi kerjasama diawali oleh kunjungan Erliana Ginting ke Fakultas Farmasi dalam rangka penjajagan identifikasi kandungan isoflavon dari olahan kedelai. Disampaikan bahwa Balitkabi memiliki ragam aksesi maupun varietas aneka kacang dan umbi yang memerlukan identifikasi dari sisi nutrisi dan kemanfaatannya.

Dengan meramu kerjasama dengan Fakultas Farmasi diharapkan akan semakin terkuak manfaat yang terkandung pada komoditas akabi.Seusai diskusi peluang kerjasama, dilakukan kunjungan ke Laboratorium Pangan, UPBS, dan koleksi palsmanutfah Balitkabi. Finalisasi kerjasama penelitian akan terus didiskusikan antara kedua belah pihak. Semoga mendatangkan manfaat.

11-8-15

MMA/AW