Berita ยป Merancang Hilirisasi Inotek Akabi

hilir hilir2
IP2TP Muneng, Balitbangtan

Aneka kacang dan umbi (akabi) tidak hanya sebagai komoditas pangan, namun juga tampil sebagai komoditas peningkat kesehatan masyarakat (karena kandungan gizinya yang prima), bahkan juga sebagai komoditas bahan baku industri dan ekspor. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) merancang hilirisasi inovasi teknologi (inotek) komoditas akabi di IP2TP Muneng Probolinggo.

Gelar inotek akabi di lapang berkonsepkan hulu-hilir berupa gelar varietas unggul baru (VUB) yang saat ini telah digunakan oleh industri. dan sebagian untuk komoditi ekspor. Disinilah terlihat upaya pemulihan ekonomi masyarakat penanam akabi, tentu disamping perannya sebagai komoditi pendukung pangan fungsional. Untuk mempersiapkan agenda tersebut, 11-12 April 2021 dilakukan rapat koordinasi di IP2TP Muneng, dibuka langsung oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Dr. Ir. Titik Sundari MP.). Dalam arahannya, Kepala Balitkabi menekankan bahwa peragaan di lapang harus optimal, sebagai bentuk pertanggungjawaban Balitkabi telah menghasilkan inovasi unggul. Tidak ada pilihan, semuanya harus bekerja keras, bekerja tim, bertanggungjawab serta berkomitmen terhadap tugas yang dibebankan. Direncanakan gelar inotek tersebut akan dibungkus dalam kegiatan GITA 2021 (Gelar Inovasi Teknologi Akabi 2021).

Peragaan lapang terus disiapkan, walaupun pada akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi. VUB yang digelar diantaranya adalah kedelai hitam Detam 1 yang telah digunakan sebagai bahan baku industri kecap, kacang tanah Garuda 5 yang digunakan bahan baku PT. GarudaFood, berbagai varietas kacang hijau (Vima 3, Vima 4, Vima 5) yang sudah dilisensi oleh beberapa perusahaan benih, serta varietas ubijalar Beta 1 yang tidak hanya digunakan sebagai bahan baku industri olahan, namun juga telah diekspor ke beberapa negara. Disamping beberapa VUB tersebut, juga digelar aneka kacang dan umbi potensial. Semoga gelar VUB akabi di IP2TP Muneng mampu memberikan informasi terkini kepada mitra Balitbangtan, petani, penyuluh, dan industri.

AK

hilir3 hilir1
hilir4 hilir5
Pertumbuhan awal beberapa VUB akabi dan sarana penelitian di IP2TP Muneng