Berita » Minyak Klentik, Warisan Orang Tua

Bapak Dico menjelaskan manfaat minyak klentik pada ibu-ibu Dharma Wanita.

“Minyak kelapa sudah dikenal dan terbukti baik untuk kesehatan serta membuat panjang umur, sejak zaman kakek nenek kita dahulu dikenal dengan nama minyak klentik” demikian paparan yang disampaikan oleh Bapak Dico selaku UKM “ Wastu Abadi ” dari Desa Karangrejo Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang di Aula Balitkabi tanggal 28 November 2012 pada agenda pertemuan rutin setiap bulan dari Dharma Wanita Persatuan Balitkabi.

Pada pertemuan yang dihadiri ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Balitkabi disosialisasikan tatacara pembuatan minyak klentik dari minyak kelapa serta manfaat dari minyak klentik itu sendiri. Minyak klentik mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan, yaitu (1) Perawatan Rambut Alami, (2) Perawatan Kulit, (3) Terapi jantung/kolesterol, (4) Meningkatkan Kekebalan Tubuh, (5) Penyembuhan Infeksi, (6) Memudahkan Persalinan, (7) Gangguan Percernaan, (8) Diabetes/Penyakit Gula Darah, (9) Hati/Liver, dan (10) Pengganti Mentega.

Bapak Dico menjelaskan manfaat minyak klentik pada ibu-ibu Dharma Wanita.

Perlu diketahui Mentega adalah lemak yang sangat jenuh, akan lebih sehat bila menggunakan minyak kelapa dalam menggoreng makanan karena minyak kelapa tidak meresap pada makanan.

Ketua Dharma Wanita Balitkabi, Ir. Lilik Muchlish Adie, menyampaikan bahwa dengan menguasai cara pembuatan dan manfaat minyak klentik para ibu-ibu akan bertambah ilmunya. “syukur bisa berbisnis dengan minyak klentik” tutur bu Lilik.

Selanjutnya Ibu Lilik, menyampaikan terima kasih kepada Bapak Dico yang telah bersedia berbagi ilmu tentang pembuatan minyak kletik dari pohon kelapa. Ibu Lilik Muchlish Adie berharap semoga pertemuan hari ini bermanfaat bagi para ibu-ibu Dharma Wanita karena kaum ibu sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dilingkungan keluarga.

Ibu–Ibu Dharma Wanita Balitkabi sangat antusias mengikuti acara rutin yang diadakan setiap bulan karena banyak ilmu yang dapat diserap.