Berita » Optimalisasi Lahan Terbuka Melalui Penghijauan dan Budidaya Lebah Trigona di IP2TP Ngale

IP2TP Ngale yang berada di bawah Balitkabi, memiliki lahan terluas (48,12 ha) dibanding dengan empat IP2TP lainnya. Dari total luas lahan tersebut, hampir setengahnya (20,4 ha) merupakan lahan tidak produktif, yang terdiri dari area magersari (8,6 ha) dan lahan kering (11,8 ha). Plt. Kepala Balitkabi (Dr. Ir. Titik Sundari, M.P.) menekankan perlunya melakukan optimalisasi lahan.

Lebah Trigona sp. Foto © José Reynaldo da Fonseca

Lebah Trigona sp. Foto © José Reynaldo da Fonseca

Tindaklanjutnya, IP2TP Ngale telah melakukan kegiatan penghijauan melalui penanaman ± 1.100 bibit sengon Paraserianthes falcataria di lahan tidur samping embung sisi utara jalan tol, penanaman porang di area magersari sebelah sisi utara jalan tol, membangun green house untuk budi daya aneka bibit sayuran dan buah, diantaranya cabai, tomat, terong, seledri, kangkung, dan pepaya.

Selain itu, juga dilakukan penanaman bibit tanaman buah seperti durian, matoa, kelengkeng, jambu biji, dan jambu sukun yang diperoleh dari Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Malang sebagai bentuk kerjasama, siap untuk ditanam di area perkantoran IP2TP Ngale.

Bentuk kerjasama lainnya dengan CDK Malang adalah inisiasi budi daya lebah Trigona sp. sebagai penghasil madu klanceng. Program ini diawali dengan pemasangan tujuh setup / glodog (rumah) lebah madu Trigona sp di sejumlah titik di lingkungan kantor IP2TP Ngale.

Setup / glodok (rumah) lebah madu Trigona sp.

Setup / glodok (rumah) lebah madu Trigona sp.

Budidaya lebah jenis ini tidak memerlukan pemeliharaan intensif. Kelebihan dari lebah ini termasuk dalam golongan lebah yang tidak menyengat (stingless bee), sehingga aman bagi manusia.

Lebah Trigona sp. juga relatif mudah beradaptasi di lingkungan baru. Kandungan nutrisi pada madu yang dihasilkan lebah ini juga lebih tinggi dibandingkan madu umumnya (Apis sp).

Oleh karena itu, nilai jual madu klanceng tentunya lebih mahal dibandingkan dengan madu dari golongan lebah penyengat. Harga madu klanceng berkisar dari ratusan ribu dan relatif lebih mahal apabila dibandingkan dengan madu yang dihasilkan oleh jenis Apis sp.

Hamparan tanaman sengon dan penanaman porang di lahan IP2TP Ngale

Hamparan tanaman sengon dan penanaman porang di lahan IP2TP Ngale

Semoga melalui penghijauan ini, konservasi air di lahan IP2TP Ngale terjaga, dan terjaga pula perekonomiannya melalui budi daya lebah madu.

NAH