Berita » Orasi Purna Tugas Profesor Riset dan Pelepasan ASN Balitkabi

Dapat menyelesaikan masa akhir jabatan dengan baik, berprestasi, sehat, dan selamat merupakan impian semua pegawai, tidak terkecuali pegawai di Balitkabi. Ucapan terimakasih dan bangga disampaikan oleh Ir. Emy Sulistyowati, Ph.D selaku Plt.Kepala Balitkabi dalam pembukaan acara orasi purna tugas Prof. Dr. Marwoto dan pelepasan ASN Balitkabi (Suherni Natalis S.Sos dan Eny Sulistyowati, S.E.) karena telah menyelesaikan tugas dengan penuh dedikasi untuk kemajuan Balitkabi dan kemajuan pertanian Indonesia.

31-1-17

Acara diselenggarakan pada hari Selasa, 31 Januari 2017 di Aula Balitkabi dan dihadiri oleh seluruh pegawai Balitkabi, Profesor Riset dan Kepala UPT Kementan lingkup Malang Raya.

Orasi yang disampaikan Prof. Dr. Marwoto dipandu oleh Dr. Novita Nugrahaeni. Sebelum orasi dimulai, Dr. Novita membacakan riwayat hidup Prof. Dr. Marwoto. Pria kelahiran Nganjuk 2 Januari 1952 tersebut memiliki sederetan prestasi dan penghargaan, yang diperoleh berkat kedisiplinan dan produktivitas selama bertugas di Balitkabi.

Konsistensinya dalam menekuni bidang pengendalian hama terpadu berbasis ekologi, terutama pada komoditas kedelai patut untuk ditiru oleh generasi penerusnya.

Pada hakikatnya, setiap makhluk hidup di dunia diciptakan tidak ada yang sia-sia dan memiliki fungsi tertentu. Begitu pula halnya dengan serangga hama tanaman yang merupakan makhluk Allah, sehingga tidak mungkin dilenyapkan.

Kalaupun serangga di suatu wilayah dapat dilenyapkan, pasti digantikan oleh serangga lain yang akan bertindak sebagai hama baru. Hal tersebutlah, yang mendasari konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT), yakni memberikan ruang dan hak hidup bagi semua komponen biota ekologi.

Oleh karenanya, Prof. Dr. Marwoto menegaskan pentingnya budidaya tanaman sehat dengan memperhatikan keseimbangan komponen ekobiota lingkungan, melestarikan musuh alami, dan yang tidak kalah penting mewujudkan petani sebagai ahli PHT sehingga pertanian berkelanjutan dapat terwujud.

Tidak hanya pandai dalam bidang riset, di mata para sahabat baik di lingkungan internal maupun eksternal Balitkabi, Prof. Dr. Marwoto merupakan sosok yang mudah bergaul, sahabat yang menyenangkan, santun, pekerja keras, aktif berorganisasi dan berkarakter baik.

Prof. Subiyakto selaku rekan sejawat dalam Perhimpunan Entomologi Indonesia cabang Malang berpesan agar tali silaturahmi tetap terjalin, terus berkarya dan berimajinasi, serta tetap berkontribusi memberikan manfaat bagi sesama.

Selaras dengan Prof. Subiyakto, Prof. Subandi juga berpesan agar Prof. Dr. Marwoto tetap berkontribusi untuk menyumbangkan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan petani, tidak memutus tali silaturahmi, dan terus menyemangati generasi penerus yang masih banyak membutuhkan bimbingan.

Terimakasih Prof. Dr. Marwoto, Ibu Hernis dan Ibu Eny atas dedikasi, loyalitas dan catatan manis yang diberikan, tetap melangkah, dan terus berkarya…