Berita ยป Pak Keman: Kedelai > 3 t/ha, Siapa Takut?

Pak Keman di Mojokerto dengan tanaman kedelainya, dapat mencapai hasil >3 t/ha

Kabupaten Mojokerto, merupakan salah satu sentra produksi kedelai di Jatim, dan luasannya cukup konsisten hingga saat ini. Selain di Kecamatan Bangsal, kedelai di Mojokerto juga tersebar di Kecamatan Mojoanyar. Pak Keman, merupakan salah satu penggiat kedelai di Kelompok Tani Sri Rejeki. Pengalamannya tidak diragukan lagi, aktif menghadiri pertemuan terkait kedelai, berdiskusi dengan kelompok tani penanam kedelai, bahkan terakhir mengikuti Sertifikasi Kedelai di Malang.

Kisah sukses menanam kedelai yang dilakukan Pak Keman, diawali 6 tahun yang lalu, berhasil meraih hasil kedelai sebanyak 5 kuintal lebih pada luasan 100 bagian (1/7 ha) atau setara dengan 3,5 t/ha. Walaupun tidak mengetahui nama varietas yang ditanamnya, benihnya diperoleh dari daerah Sidoarjo, bijinya besar-besar, putih, tuturnya. Tumbuhnya di lapang serempak, saat itu udara cukup panas, tetapi air pengairan masih mampu mengairi kedelain dan hasilnya luar biasa, imbuh Pak Keman lebih lanjut.

Tanam sebar masih menjadi kebiasaan petani di daerah Pak Keman di Desa Ngarjo. Kunci sukses bertanam kedelai menurut Pak Keman, walaupun tanam secara sebar, adalah saluran air (ngaci istilah petani), pengairan perlu 3 kali dan salah satunya dilakukan sekitar umur 70 hari (fase pengisian biji), pengendalian dengan pestisida tertentu. Jika terlalu banyak menyemprot menyebabkan daun kedelai kaku, yang diperlukan adalah daun kedelai yang lentur (lemes). Pupuk juga tidak terlalu banyak, karena masih ada sisa pupuk dari tanaman padi. Benih yang digunakan adalah tanpa label dibeli dari petani atau toko pertanian. Harga benih di petani lebih mahal, tetapi petani lebih menyukainya, karena asal usulnya diketahui, serta daya tumbuh benih juga lebih bagus.

Di Mojoanyar pola tanam kedelai adalah padi-padi-kedelai. Tahun ini pertanaman kedelai di wilayah tersebut sangat bagus. Semoga kedelai tetap menjadi sumber rejeki bagi petani.

kiman1 kiman2
Hamparan kedelai di Mojoanyar Mojokerto, 17 Oktober 2020

MMA