Berita ยป Pak Sinrang, Penangkar Kedelai Sejati

a.pak-sinrang_edt_1

Sulawesi Selatan menyimpan potensi sebagai penghasil kedelai nasional. Selain sisi historisnya yang memang pernah menjadi pemasok kedelai utama, juga memiliki keunikan iklim yang ideal untuk pertumbuhan kedelai yakni, musim hujan yang berbeda antara sektor barat dan sektor timur dan terdapat sektor peralihan.

Salah satu sentra kedelai di Sulawesi Selatan terdapat di Kabupaten Sopeng. Menanam kedelai begitu melekat bagi petani, bahkan petani pun sangat mengenal varietas kedelai yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian, salahsatunya yang sedang digandrungi petani adalah varietas Anjasmoro. Menyebarnya varietas Anjasmoro tidak terlepas dari peran salah satu penangkar yaitu Pak Sinrang. Beliau hanya mengkhususkan menjadi penangkar kedelai. Keuletan dan keingintahuannya terhadap inovasi baru, khususnya kedelai, tidak diragukan.


Bahan diseminasi di rumah Pak Sinrang dan pertanaman kedelai milik petani


Arifin SP, berdiskusi dengan petani di Desa Tellulimpoe, Sopeng

Penuturan Arifin, SP, teknisi Balitkabi yang berkunjung ke Sopeng, Pak Sinrang sudah dua kali ke Balitkabi, beliau bangga dapat berkunjung ke Balitkabi, dan memberikan apresiasi terhadap hasil karya peneliti Balitkabi. Kebanggaannya diwujudkan dengan membingkai poster yang diperolehnya saat ke Balitkabi, dan digunakan sebagai media diseminasi ke sesama petani.

Pak Sinrang tetap menjaga dan mempertahankan mutu benih kedelai yang dihasilkan. Petani sekitar juga selalu mendapatkan benih sumber kedelai dari Pak Sinrang, karena adanya jaminan kualitas tersebut. Beliau tetap mengharapkan dapat terus berkomunikasi dengan peneliti Balitkabi, harapannya, agar inovasi baru kedelai juga sampai dan digunakan oleh petani di Sopeng.

MMA/AW