Berita » Pameran Mendukung Peda KTNA Jawa Timur

a_jombang_1

Dalam upaya menyebarkan hasil penelitian, Balitkabi ikut-serta pameran di Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Timur di Jombang. Peda KTNA Jatim yang diselenggarakan 22-26 April 2013, dengan tema “Mewujudkan KTNA yang Profesional, Mandiri Melalui Penguasaan Teknologi, Pemantapan Kemitraan Sekaligus Penguatan Jejaring Agribisnis untuk Mendukung Tercapainya Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Petani“, diikuti oleh wakil KTNA dari seluruh Jatim, dibuka oleh Dr Soekarwo, Gubernur Jawa Timur.

Pada acara pameran Peda KTNA Jatim yang diadakan di Alon-alon Pemkab Jombang ini, Balitkabi menampilkan produk olahan berbahan baku aneka kacang dan ubi, aneka varietas unggul kacang-kacang, leaflet, dan publikasi yang lain. Es krim ubijalar, yang dihadirkan pada hari kedua, ternyata merupakan sesuatu yang baru bagi pengunjung pameran, sehingga menjadi surprise bagi para pengunjung, tutur Pak Suprapto yang dikerumuni pengunjung.

Peneliti Balitkabi, Dr. Suharsono MS, juga berpartisipasi pada saresehan yang diselenggarakan pengurus KTNA Jawa Timur untuk merumuskan topik bahasan pada acara Rembug Madya KTNA Jawa Timur. Pada Seminar mendukung Peda ini dihadirkan tiga topik yaitu: (1) Peran BULOG dalam Tata Niaga Pertanian yang Pro Petani disampaikan oleh Rito Angky Pratomo, Dir. Perencanaan dan Pengembangan Usaha BULOG, (2) Pelaksanaan Penguatan Agribisnis Gapoktan Melalui Kegiatan Tunda Jual di Tingkat Kelompok dibawakan oleh Drs. H. Suyamto MMA, Ketua KTNA Jatim yang juga Bupati Jombang, dan (3) Tataniaga Pertanian untuk Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Petani disampaikan oleh Prof. Dr. Bustanul Arifin (Guru Besar Ekonomi Pertanian Unila).

Suharsono/Sugiono/AW