Berita » Pandemi Tidak Menghalangi Kinerja untuk Negeri

DCIM100MEDIADJI_0007.JPG

Jumat, 22 Mei 2020 atau H-1 Idul Fitri 1441 H, seluruh ASN, PPNPN, dan THL Balitkabi masuk kerja di kantor (WFO) seperti biasa. Hari ini bukan cuti bersama H-1 menjelang hari raya Idul Fitri seperti biasanya, tetapi ditetapkan sebagai hari kerja biasa. Meskipun masih di tengah jadwal WFH 15-29 Mei 2020, seluruh ASN, PPNPN, dan THL melakukan absensi di kantor untuk selanjutnya dilaporkan ke Balitbangtan.

Wajah-wajah staf Balitkabi terlihat ceria meskipun sebagian wajah tertutup oleh masker. Beberapa pegawai terlihat berbincang-bincang dengan tetap menjaga jarak. Rindu kantor, rindu berjumpa kawan sekantor, rindu berdiskusi, rindu pergi ke lapang melihat tanaman, setelah sekian lama melaksanakan WFH.

Sekitar pukul 09.00 WIB seluruh staf Balitkabi yang hadir di kantor menuju lapangan upacara untuk berfoto bersama dilanjutkan beberapa arahan sambil berjemur dan memanen sinar matahari pagi, meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan COVID-19. Dengan melaksanakan protokol pemutusan penyebaran COVID-19 foto bersama dilaksanakan secara berjarak serta menggunakan masker.

Dr. Yuliantoro Baliadi memberikan arahan

Dr. Yuliantoro Baliadi memberikan arahan

“Hari ini kita berkumpul dengan tetap melaksanakan protap pemutusan rantai COVID-19, kita patut bersyukur hingga saat ini diberikan kesehatan, semoga seterusnya tetap sehat dan mampu menjalankan tugas negara sebaik mungkin” kata Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi pagi itu di hadapan staf Balitkabi di halaman kantor Balitkabi. Harapan Kepala Balitkabi, semua staf Balitkabi tetap melaksanakan tugas dengan penuh komitmen mewujudkan kinerja yang telah ditetapkan, dengan beberapa penyesuaian karena refocusing anggaran penelitian.

“Meskipun dalam keterbatasan mobilitas, tugas sebagai ASN harus tetap dijalankan demi mencapai kinerja yang telah ditetapkan,” kata Prof. Arief Harsono. Prof. Arief Harsono menghimbau semua pegawai dan keluarga untuk tetap melaksanakan protokol kebersihan diri dan lingkungan di manapun berada karena kurva penyebaran COVID-19 masih menunjukkan peningkatan setiap harinya. Disambung oleh Prof. Didik Harnowo yang menekankan pentingnya tetap bersosialisasi dan berkoordinasi meskipun hanya lewat dunia maya/sosial media. “Sebagai mahluk sosial, memang kita tidak bisa hidup sendiri, tetapi karena inilah salah satu upaya untuk memutuskan rantai penyebaran COVID-19, kita semua harus patuhi himbauan untuk tidak berkerumun, melakukan physical distancing serta melakukan WFH”. Dalam WFH tetap harus ada target, seperti dicontohkan oleh Prof. Made Jana Mejaya. Prof. Made menargetkan satu hari satu makalah dapat direview karena beliau bertugas sebagai reviewer di beberapa jurnal ilmiah, disamping dengan WFH waktu lebih banyak untuk menulis bahan publikasi. Dr. Rudi Iswanto, menambahkan jika dengan refocusing anggaran, peneliti dapat mulai untuk membuat proposal untuk diajukan melalui pembiayaan kerjasama atau skema non APBN lainnya.

dsc_0088 dsc_0103
dsc_0108 dsc_0116

Kasubbag TU Langgeng Sutrisno, S.P, pada kesempatan ini juga berpamitan karena per 1 Juni 2020 telah memasuki purna tugas. Permohonan maaf disampaikan kepada semua karyawan Balitkabi mengakhiri masa jabatan sebagai Kasubbag TU disertai harapan Balitkabi lebih baik di masa depan. Doa dipanjatkan ke Hadirat Yang Maha Kuasa agar Bangsa Indonesia mampu mengatasi kondisi darurat COVID ini, keluarga besar Balitkabi, Balitbangtan, Kementan diberikan kesehatan dan kondisi kembali kondusif untuk menjalankan semua tugas dan kewajiban mengabdi kepada nusa dan bangsa.

#lawancorona #IndonesiaJanganMenyerah

RDP/RTH