Berita » Panen Raya Porang Nasional 2021 di Trenggalek

Wamentan RI pada Panen Raya Porang Nasional 2021

Wamentan RI pada Panen Raya Porang Nasional 2021

Panen Raya Porang Nasional 2021 tanggal 25 Agustus 2021 yang dilakukan di Desa Jombok, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, dihadiri oleh Wakil Menteri Pertanian RI (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi didampingi oleh Ketua Komite III DPR RI (Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H., M.Si.), Bupati Trenggalek (H. Mochamad Nur Arifin) beserta jajarannya, dan Staf Ahli Kementerian KLHK RI. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Petani dan Pengusaha Porang Nusantara (HIPPORA). Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, MP., hadir secara langsung, didampingi oleh Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian (B.S. Koentjoro, S.P., M. Kom.).

Dalam temu wicara, Bupati Trenggalek mengemukakan bahwa kita harus mulai linkage dengan alam, kita harus mulai memperhatikan kelestarian alam sebagai bagian dari SDGs (Sustainable Development Goals). Potensi Trenggalek untuk pengembangan porang cukup besar, saat ini saja porang telah dibudidayakan seluas 4.000 ha dari total lahan hutan seluas 110.000 ha. “Jajaran Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan terus berkomitmen terhadap pengembangan porang”, urainya lebih lanjut.

Memulai arahannya, Wamentan menegaskan arahan Presiden RI bahwa kita jangan hanya menggenjot produksi (porang), tetapi pikirkan matang-matang juga tentang hilirisasinya. Kementerian Pertanian memiliki banyak program yang terkait dengan hilirisasi, diantaranya adalah One Government for One Local Government. Menurut Wamentan, implementasi dari hal tersebut diantaranya adalah perlunya penguatan Perusda (Perusahaan Daerah). Lebih lanjut dikemukakan bahwa sukses Kementan, terutama dimasa Covid-19 ini, juga karena peran dari petani, termasuk petani-petani milenial. Mengakhiri sambutannya, Wamentan menyampaikan dua hal penting untuk menggerakkan petani milenial, yaitu Trust dan Income. Trust berkaitan dengan ruang lingkup pertanian yang mudah diakses, seperti pengadaan benih dan alsintan, pupuk, distribusi, dan sebagainya. Income berkaitan dengan pasar, ditekankan keberanian untuk mengatur pasar, dan jangan diatur oleh pasar.

BSK/TS

porang1 porang2
porang3 porang1
Rangkaian Panen Raya Porang di Trenggalek