Berita » Partisipasi Balitkabi dalam Open House BPTP Jatim 2017

BPTP Jawa Timur pada tanggal 7−8 November 2017 menyelenggarakan Open House bertemakan “Strategi Pengelolaan dan Pemanfaatan SDG Lokal Bersama Masyarakat dalam Mencapai Lumbung Pangan Sedunia”. Beberapa rangkaian acara yang digelar pada kegiatan open house tersebut, diantaranya seminar nasional, festival SDG lokal sekaligus penyerahan sertifikat tanda daftar varietas kepada 17 daerah di seluruh Indonesia yang memiliki SDG unggul, beberapa pelatihan budidaya dan olahan komoditas pertanian, serta pameran. Penyerahan sertifikat tanda daftar varietas diserahkan oleh Kepala BBP2TP, Dr. Haris Syahbuddin, DEA, yang mewakili Kepala Balitbangtan, kepada beberapa Bupati dan Kepala Dinas Pertanian yang turut hadir pada kegiatan tersebut, sekaligus membuka kegiatan Open House.

BPTP Jawa Timur mengundang instansi Balitbangtan lingkup Malang Raya dan Pasuruan untuk turut meramaikan kegiatan pameran. Selain BPTP Jatim, ikut meramaikan acara pameran diantaranya adalah Balitkabi, Balitjestro, Balittas, STTP Malang, serta beberapa UMKM dan produsen pupuk. Pengunjung pameran sangat antusias berkunjung di stan Balitkabi, mereka menanyakan beberapa informasi terkait beberapa varietas unggul, teknologi budi daya, serta teknologi pengolahan aneka kacang dan umbi. Beberapa produk olahan yang ditampilkan seperti Stick Mocaf, Sweetpotato Stick, DS Kress (Stick Mbote), Es Krim Ubijalar Ungu, Tiwul Instan, dan Onde-onde. Salah satu tenant inkubator teknologi mitra Balitkabi yaitu UMKM Roti Boss juga memamerkan cake tape, yang juga menjadi salah satu daya tarik para pengunjung untuk berkunjung di stand Balitkabi. Leaflet Varietas Unggul, Teknologi Budi Daya, dan Produk Olahan Akabi juga habis dibagikan kepada para pengunjung yang terdiri dari petani, penyuluh, praktisi, pengrajin makanan, mahasiswa, serta siswa SMA dan SMK.

bptp

Stan Balitkabi dikunjungi Direktur Pengembangan Program Pertanian di Indonesia – Resource Exchange International, Inc., Dr. Charles F. Nicholson. Selain itu stan Balitkabi juga dikunjungi oleh Bupati Bener Meriah Aceh Bapak Ahmadi, S.E. dan Bupati Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Muhamad Irwan Lapata, S.Sos., M.Si.

bptp1

RY