Berita » Partisipasi Peneliti Balitkabi pada Seminar Nasional Invensi dan Inovasi Pertanian 2021

Pembukaan Ekspose dan Seminar Nasional Invensi dan Inovasi Pertanian 2021 (Sumber foto: BB Pengkajian)

Pembukaan Ekspose dan Seminar Nasional Invensi dan Inovasi Pertanian 2021 (Sumber foto: BB Pengkajian)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangan) bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Andalas serta PT. Pupuk Sriwijaya Palembang, pada tanggal 8 April 2021 menyelenggarakan Ekspose dan Seminar Nasional Invensi dan Inovasi Pertanian 2021, bertemakan “Kemajuan Invensi dan Hilirisasi Inovasi Mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Modern”. Peneliti Balitkabi, Joko Restuono, S.P., mengikuti seminar tersebut dan menyampaikan makalah berjudul “Daya Hasil dan Morfologi Umbi Klon-klon Ubijalar (Ipomoea batatas) Berkadar Antosianin Tinggi”.

Seminar diikuti oleh ilmuwan, peneliti, penyuluh, akademisi, praktisi, profesional, pelaku usaha, tokoh masyarakat, penggiat lembaga swadaya masyarakat, kelompok tani, dan pelaku usaha dibidang pertanian. Seminar diikuti oleh 134 peserta dilaksanakan secara daring, dan makalah yang dipresentasikan sebanyak 135 makalah. Seminar dibuka oleh Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. Dalam sambutannya, ditegaskan bahwa peneliti, khususnya Balitbangtan, harus menghasilkan inotek yang bersifat maju, mandiri, dan modern, meskipun dalam masa pandemi Covid-19. Juga disampaikan bahwa beberapa komoditas Balitbangtan telah digunakan sebagai komoditas ekspor diantaranya adalah  jagung, kacang hijau, dan ubijalar.

Pada seminar tersebut disampaikan beberapa makalah utama yaitu oleh Dr. Nely Nuryanti, M.Sc. (Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian) yang menyampaikan makalah dengan judul Percepatan Hilirisasi dan Adopsi Inovasi melalui Penguatan Kelembagaan dan SDM Pertanian. Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS. (Fakultas Pertanian Universitas Andalas) menyampaikan makalah dengan judul Peran Penting Invensi dan Inovasi mendukung Pembangunan Pertanian Berkelanjutan. Pemakalah utama lain dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat yang berjudul Kebutuhan dan Ketersediaan Inovasi Mendukung Pembangunan Pertanian di Sumatera Barat. Selanjutnya, Drs. Tri Wahyudi Saleh, M.M., yang merupakan Direktur Utama PT. Pusri Palembang menyampaikan makalah dengan judul Pengembangan Kawasan Pertanian Model Bisnis Agrosolution untuk Pertanian Berkelanjutan.

JR