Berita » Partisipasi Pusat Riset Akabi di Ritech Expo 20

ritech

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas)merupakan salah satu hari bersejarah nasional bagi teknologi di Indonesia yang diperingati setiap 10 Agustus. Ritech Expo ke 20 tahun 2015 merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Harteknas, diselenggarakan 7–10 Agustus 2015 di Lapangan D, Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, diikuti oleh 70 stand dari berbagai institusi. Ritech Expo dibuka secara resmi oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada 7 Agustus 2015, bertemakan Inovasi untuk Daya Saing Bangsa dengan subtema Pangan, Energi dan Maritim. Sasaran dari Ritech Expo, untuk memacu peningkatan dan pemanfaatan hasil-hasil inovasi untuk peningkatan daya saing industri, membantu menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat dan membangkitkan budaya inovasi di kalangan masyarakat. Sekaligus melalui expo ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pemahaman baru akan peran iptek dalam masyarakat. Disampaikan juga bahwa sebenarnya putra-putri Indonesia telah berkarya untuk menghasilkan inovasi bernilai tinggi. Hasil inovasi ini perlu dan penting sekali untuk dihilirisasi dan komersialisasi pada dunia usaha.


Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi saat pembukaan pameran (kiri)
dan Menteri Koordinator Kemaritiman saat berkunjung ke stand Balitkabi (kanan). Balitkabi sebagai Pusat Riset Akabi mengikuti Ritech Expo bersama-sama dengan Pusat Unggulan Iptek lainnya. Menyajikan berbagai hasil riset akabi, dari hulu – hilir, termasuk menyampaikan publikasi dan buku tentang akabi. Pada saat pembukaan, dikunjungi oleh Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Menteri Koordinator Kemaritiman.


Pengunjung dan wawancara dengan peneliti Balitkabi. Pada umumnya pengunjung mengetahui Balitkabi dengan segala produk risetnya. Bahkan tidak sedikit yang baru memahami dan mengetahui akabi dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam olahan menyehatkan. Diseminasi memang harus dilakukan tiada henti.

MMA