Berita » Pasar Prokabi Balitkabi

Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan, salah satunya ekonomi. Balitkabi telah melakukan berbagai kegiatan untuk meminimalkan dan mencegah dampak negatif akibat pandemi tersebut. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan adalah penjadwalan WFH (Work from home), donasi ASN dan pembagian sembako, bantuan hand sanitizer dan disinfektan kepada kelurahan, puskesmas polsek dan koramil Pakisaji, penyemprotan disinfektan pada seluruh ruangan kerja, cek suhu tubuh semua staf setiap pagi, dan pelaksanaan rapid test secara masal. Satu lagi kegiatan baru tengah dilakukan, yaitu “Pasar Prokabi” setiap dua pekan setiap bulannya.

Pasar Prokabi adalah kegiatan jual beli produk baik makanan olahan, pakaian, maupun bahan mentah, dengan koordinator DWP Balitkabi. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman belakang Kantor Balitkabi setiap hari jumat pada minggu pertama dan minggu ke tiga setiap bulan, pukul 09.00-11.00 WIB diikuti oleh seluruh staf Balitkabi yang berminat. Kegiatan ini telah dilaksanakan sebanyak dua kali diawali pada 18 September 2020 dan 2 Oktober 2020, dengan sistem penjualan pesan online dan on the spot.

20201004-prokabi prokabi
Selamat datang di Pasar Prokabi, Balitkabi 2 Oktober 2020

Pantauan tim web pada 02 Oktober 2020, terdapat empat meja penjualan yang terdiri dari meja IP2TP Kendalpayak, kelompok DWP Balitkabi, kelompok peneliti dan teknisi, dan warga sekitar lingkungan kantor. Pembeli terdiri dari semua staf Balitkabi dan siswa-siswi PKL. Lapak IP2TP Kendalpayak menampilkan berbagai aneka bahan mentah mulai dari beras, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Lapak DWP Balitkabi menghadirkan berbagai kebutuhan makanan yang bergizi seperti getuk, bubur ayam, pizza, schotel, kering kentang, martabak telur isi ayam, tahu bakso, jus mangga, cilok daging dan camilan sehat lainnya. Lapak peneliti dan teknisi menawarkan aneka makanan dan obat herbal seperti sempol, nasi kucing, nasi kebuli, es cincau, kripik singkong, telur asin, aneka minuman herbal jahe merah, minyak kutus-kutus, dan masker, sedangkan lapak warga diwakili oleh Nora Collection yang menyediakan aneka kebutuhan asesoris berupa tas dengan motif tenun dan batik yang eksotik dan aneka bros, kalung dari mutiara air tawar lombok.

prokabi2 prokabi3
Wajah-wajah ceria staf Balitkabi saat berbelanja di Pasar Prokabi

Antusias para pembeli sangat tinggi, terlihat dengan ramainya pengunjung pada setiap lapak hingga waktu penutupan. Kegiatan ini juga tentunya dengan tetap menerapkan protokol pencegahan penularan covid-19, semua staf tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Harapannya bahwa Pasar Prokabi akan tetap berlanjut dan dapat melibatkan masyarakat di luar lingkungan kantor yang lebih banyak lagi, sehingga keberadaan pasar ini dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat sekitar dan warga Balitkabi.
EU