Berita » Pelaksanaan SMM SNI ISO 9001:2015 di Balitkabi pada Surveillance 2 Tahun 2021

Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) telah memperoleh akreditasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO SNI 9001:2008 pada tahun 2010, kemudian bermigrasi ke SMM SNI ISO 9001:2015 pada tahun 2017, dan mampu mempertahankan akreditasi tersebut hingga saat ini.

Pembukaan surveillance oleh Plt. Kepala Balitkabi

Pembukaan surveillance oleh Plt. Kepala Balitkabi

Pada tanggal 13-16 Desember 2021 telah berlangsung Surveillance 2 SMM SNI ISO 9001:2015 Balitkabi. Surveillance tersebut dilaksanakan oleh auditor dari PT. Mutuagung Lestari, yaitu Ibu Wa Ode Khairunnisa, S.P., yang dilakukan secara daring.

Dalam Opening Meeting pelaksanaan surveillance pada tanggal 13 Desember 2021, Plt Kepala Balitkabi Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., menyampaikan bahwa audit merupakan bentuk evaluasi pelaksanaan dan penerapan SMM Balitkabi pada semua area, temuan ketidaksesuaian dari audit dapat menjadikan penerapan SMM Balitkabi lebih baik dan dipertahankan keberlanjutannya.

Salah satu sesi pelaksanaan surveillance

Salah satu sesi pelaksanaan surveillance

Surveillance dilaksanakan pada seluruh area, meliputi Top Manajemen/Perwakilan Manajemen, Sekretariat ISO, Pengendali Informasi Terdokumentasi, Auditor Internal, Sub Bagian Tata Usaha, Substansi Pelayanan Teknik, Substansi Jasa Penelitian, Kelompok Peneliti, dan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP).

Hasil surveillance disampaikan oleh auditor pada closing meeting pada tanggal 16 Desember 2021 melalui video conference dengan dihadiri oleh Plt. Kepala Balitkabi, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Subkoordinator Substansi Pelayanan Teknis, Subkoordinator Substansi Jasa Penelitian, Ketua Kelompok Peneliti, Pejabat Pembuat Komitmen, Koordinator IP2TP, dan Internal Auditor yang hadir baik secara daring maupun luring di Aula Balitkabi.

Peserta closing meeting (penyampaian hasil audit secara luring)

Peserta closing meeting (penyampaian hasil audit secara luring)

Dalam penyampaian hasil surveillance, auditor memberikan apresiasi kepada seluruh personel Balitkabi karena SMM SNI ISO 9001:2015 telah diterapkan secara baik oleh Balitkabi pada seluruh area.

Berdasarkan hasil pengamatan, auditor menyimpulkan bahwa tidak ada ketidaksesuaian yang ditemukan pada surveillance ke-2 tahun 2021 baik itu mayor maupun minor, namun terdapat tiga saran yang perlu ditindaklanjuti agar SMM Balitkabi dapat diterapkan secara lebih efektif.

“Setiap penerapan SMM yang sudah berjalan baik agar dipertahankan dan kekonsistenan pelaksanaan harus tetap dijaga” pesan Wa Ode Khairunnisa.

Peserta closing meeting secara daring

Peserta closing meeting secara daring

Plt. Kepala Balitkabi menutup secara resmi surveillance 2, dan berharap hal-hal yang perlu diperbaiki sesuai saran auditor agar segera direspon dan diterapkan sebagai bentuk upaya peningkatan berkelanjutan dari penerapan SMM SNI ISO 9001:2015 di Balitkabi dan sekaligus sebagai persiapan kegiatan re-sertifikasi di tahun berikutnya.

NYT/HP