Berita » Pembekalan Analisis Kebijakan Berbasis Dinamika Sistem

Suasana pelatihan dinamika sistem di Bandung.

Pelatihan Dinamika sistem untuk analisis kebijakan sektor pertanian Indonesia dilakukan pada 7–10 Desember 2012 di Bandung, merupakan kerjasama antara Badan Litbang Pertanian dengan Scholl of Business and Management (Institut Teknologi Bandung). Peserta pelatihan adalah seluruh kepala UPT dan Kepala Bidang Program dan Evaluasi lingkup Puslit dan Balai Besar lingkup Badan Litbang Pertanian.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Dr. Haryono M.Sc, Kepala Badan Litbang Pertanian dan menyampaikan berbagai arahan dan paparan tentang Gambaran ekonomi (economic outlook) pertanian nasional. Penguatan dinamika sistem didasarkan oleh arahan Presiden RI untuk memperkuat R&D dan kebijakan berbasiskan hasil R&D. Tentu Badan Litbang Pertanian merespons dengan cepat. Berbagai kebijakan telah disusun berdasarkan dinamika sistem. Sudah saatnya, kita harus tahu berbagai aspek, harus memiliki spektrum informasi yang luas, termasuk juga memahami Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dan menyusun langkah operasional. Jajaran litbang harus memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap data dan informasi. Diingatkan kembali tentang tentang regulasi, konektivitas dan SDM beserta Ipteknya.

Suasana pelatihan dinamika sistem di Bandung.

Kepala UPT betul-betul diminta untuk memahami dinamika sistem, karena seluruh Koordinator Program lingkup BPTP telah mengikuti pelatihan dinamika sistem dan diprogramkan juga Koordinator Program di Balit juga akan mengikuti pelatihan serupa. Meteri pelatihan adalah Apa dan mengapa perlu knowledge management (KM), Diskusi aplikasi KM di pertanian Thailand, Game kasus soda dengan pendekatan berpikir sistem, Permodelan sistem untuk pembuatan kebijakan, Studi kasus latihan pengembangan skenario kebijakan dengan permodelan sistem, Tantangan kebijakan pemerintah di sektor pertanian, Pemodelan dan metodologi system dynamic, Studi kasus system dynamic perberasan, dan Diskusi kelompok aplikasi system dynamic di pertanian (studi kasus daging sapi dan kerbau).

Secara keseluruhan peserta pelatihan mendapat pengalaman dan pencerahan tentang langkah dan strategi membuat kebijakan berbasiskan dinamika sistem. Masih diprogramkan untuk memberikan pelatihan kepada Koordinator Program di Balit dan para Ketua Kelti. Target tindak lanjutnya adalah akan dilakukan pemaparan hasil analisis sistem dinamik pada akhir Januari 2013 pada setiap provinsi.