Berita ยป Pembukaan Audit Internal SMM Balitkabi ISO 9001:2015

Pada pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015, Audit Internal merupakan salah satu persyaratan yang harus penuhi. Audit Internal dilakukan untuk memverifikasi kegiatan yang mempengaruhi mutu, dan untuk menentukan keefektifan penerapan SMM. Dalam rangka pemenuhan persyaratan tersebut, Balitkabi melaksanakan Audit Internal pada 25 Januari hingga 3 Februari 2021. Pembukaan Audit Internal secara luring dan daring dilakukan pada Senin, 25 Januari 2021.

Pada arahan pembukaan Audit Internal, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. selaku Kepala Balitkabi dan sekaligus sebagai Pimpinan Puncak menyampaikan beberapa pesan, antara lain: diharapkan tim auditor dapat menjalankan tugas dengan baik, kondisi pandemi tidak menjadi halangan, karena bisa dilakukan secara daring, Audit Internal tidak untuk mencari kesalahan, namun untuk melihat kesesuaian dokumen ISO dengan pelaksanaannya, dan sebagai upaya peningkatan SMM dan perbaikan berkelanjutan, hasil temuan ketidaksesuaian segera ditindaklanjuti, dan selanjutnya tim ISO Balitkabi harus segera mempersiapkan diri untuk Audit Eksternal.

Selanjutnya, Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D sebagai Lead Auditor menekankan kembali manfaat dilaksanakannya Audit Internal, yaitu: memastikan dan mengkonfirmasi persyaratan peraturan perundang-undangan terkait ditaati, menentukan tingkat kinerja pengelolaan sistem manajemen, membuktikan tanggung jawab dan komitmen manajemen terhadap penerapan sistem manajemen, memastikan risiko terkait telah dikelola dan dikendalikan dengan baik, mengidentifikasi peluang penghematan sumberdaya dan biaya, perbaikan/peningkatan kinerja, mencegah kehilangan/kerugian (loss prevention) dan peningkatan efisiensi, serta menyediakan informasi yang objektif dan mandiri yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Balitkabi menugaskan 14 orang (Ir. Lawu Joko Santoso, Herdina Pratiwi, SP. MP., Pratanti Haksiwi Putri, S.Si., Siti Mutmaidah, SP., Sri Wahyuningsih, SP., Marida Santi YIB, SP., M.Agr., Siti Muzaiyanah, S.TP., MP., Purwantoro, SP., Wiwit Rahajeng, SP., Didik Sucahyono, SP., MP., Kurnia Paramita Sari, SP., Sri Ayu Dwi Lestari, SP., Imam Suhadi, S.ST., dan Afik Setiawan) sebagai anggota tim Auditor Internal. Ruang lingkup yang akan diaudit meliputi: Pimpinan Puncak, Program, TU (administrasi, keuangan, kepegawaian, pengadaan, rumah tangga, kendaraan), Substansi Jasa Penelitian, Substansi Pelayanan Teknis, Kelompok Peneliti (PNP, Ekofisiologi, Proteksi, Sosek Inovasi Pertanian), dan IP2TP (Kendalpayak, Jambegede, Ngale, dan Genteng) dengan metode wawancara, observasi, dan tinjauan dokumen serta rekaman. Untuk kegiatan lingkup Balitkabi, audit dilakukan secara luring, sedangkan audit secara daring dilakukan untuk lingkup IP2TP di luar Malang.

WR

Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. membuka Audit Internal SMM Balitkabi ISO 9001:2015 tahun 2021

Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. membuka Audit Internal SMM Balitkabi ISO 9001:2015 tahun 2021

audit1 audit2
Peserta pembukaan Audit Internal SMM Balitkabi