Berita ยป Pemulia Ubijalar Cina Kunjungi Balitkabi

1-acina-1

Dalam rangka menjalin kerjasama penelitian antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Cina dalam bidang pemuliaan ubijalar telah berkunjung ke Indonesia delegasi peneliti pemuliaan ubijalar Cina yang berasal dari Cina Academic of Agricultural Science (CAAS) selama 10 hari mulai tanggal 28 November 2012 sampai 8 Desember 2012. Rombongan dipimpin oleh Dr. Qiang Li, Deputy Director Jiangsu Xuzhou Sweetpotato Research Center/ Sweetpotato Research Institute, CAAS/ National Sweetpotato Improvement Center. Tiga peneliti Cina lainnya yang ikut dalam rombiongan tersebut adalah: Mr. Yao-Jin Li, Mr Jin-You Sun dan Mr. Zhou Zhi Lin Ting. Selama berkunjung ke Indonesia Tim Delegasi Cina didampingi oleh Pemulia Ubijalar Balitkabi Dr. M. Jusuf, sedangkan instansi yang dikunjungi adalah Puslitbangtan dan BB Biogen di Bogor, CIP-ESEAP di Lembang, Balitkabi di Malang dan Kebun Percobaan (KP) Kendalpayak. , KP Jambegede, KP Muneng dan KP Genteng di Jawa Timur. Pada saat berkunjung ke Instansi dan Kebun Percobaan, tim delegasi Cina melihat percobaan ubijalar di lapangan dan fasilitas-fasilitas penelitian laboratorium dan lapangan.

Pada kunjungan ke Puslitbangtan, staf Puslitbangtan yang hadir adalah Ir. Hardono MSi (Kabid. Kerjasama), Dr. Nuning, Drs. Djarkasji dan Bambang. Pada pertemuan di Puslitbangtan tersebut dibahas peluang kejasama penelitian pemuliaan ubijalar yang diarahkan pada kadar antosianin tinggi dan kadar beta karotin dengan kadar bahan kering tinggi. Kunjungan berikutnya di Bogor yaitu mengunjungi Balai Besar Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian. Pada saat berkunjung ke BB Biogen ditemui oleh Dr. Satoto, Dr. Asadi, Dr. Iswari dan Dr. Pudji. Pada pertemuan di BB Biogen juga dibicarakan kemungkinan penelitian ubijalar tahan hama lanas (Cylas formicarius) melalui bioteknologi (GMO). Selesai pertemuan di BB Biogen dilanjutkan dengan kunjungan ke lapangan melihat konservasi plasma nutfah BB Biogen dan fasilitas laboratorium yang ada disana. Kunjungan di CIP-ESEAP di Lembang berlokasi di Balitsa Lembang dihadiri oleh liason Officer CIP-ESEAP bpk Ir. Tjintokohadi M.Si. Selain bpk Tjintokohadi peneliti lain yang bekerja untuk liasion Office di Lembang adalah Dr. Sukendra Mahalaya dan Ir. Budi Prasetia. Setelah selseai kunjungan di Jawa Barat rombongan menuju Jawa Timur tepatnya ke Balitkabi.


Pada kunjungan ke Balitkabi, pertemuan dihadiri oleh beberapa peneliti ubijalar yakni Bpk Dr. Sholihin (Plh Kepala Balai), Dr. M. Jusuf, Dr. A.A Rahmianna, Ir. Yudi Widodo MS, Febri, MP, Ir. Sumartini, MS dan Ir. Sri Wahyuni, MS dan tim delegasi Cina. Pada kesempatan diskusi di Balitkabi telah disampaikan informasi umum tentang Balitkabi oleh Plh Kepala Balitkabi (Dr. Sholihin) dan dilanjutkan penyampaian program penelitian ubijalar dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh Dr. M. Jusuf.

Pada kesempatan tersebut disepakati untuk kerjasama penelitian antara Balitkabi dengan CAAS Cina dalam hal mendapatkan varietas unggul ubijalar dengan kadar beta karotin tinggi dengan kadar bahan kering tinggi dan varietas unggul dengan kadar pati tinggi menggunakan sumber dana dari negara masing-masing. Setelah selesai pertemuan di Balitkabi, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kebun Percobaan (KP) Kendalpayal, KP Jambegede, KP Muneng dan KP Genteng. Dari KP Genteng rombongan menuju Bali selama 3 hari.