Berita » Penajaman Naskah Orasi Kandidat Profesor Balitkabi

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus berupaya untuk mendorong para Peneliti Ahli Utama-nya untuk menjadi Profesor Riset sebagai jabatan fungsional peneliti tertinggi. Guna mendukung dan percepatan program tersebut, maka Puslitbang Tanaman Pangan menyelenggarakan Webinar Presentasi dan Evaluasi Naskah Orasi bagi kandidat Profesor Dr. Ir. Agustina Asri Rahmianna dari Balitkabi.

berita-210908-orasiprofanna-d

Webinar dilaksanakan pada hari Senin, 6 September 2021, dihadiri secara daring oleh Kepala Puslitbang Tanaman Pangan (Dr. Ir. Priatna Sasmita), Kepala Balitkabi (Dr. Ir. Titik Sundari, M.P.), Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbang Tanaman Pangan (Ir. Hatta Muhammad, M.Si.), para pendamping kandidat dari Majelis Profesor Riset, pembahas naskah orasi, serta para peneliti di UPT lingkup Puslitbang Tanaman Pangan.

Dr. Ir. Agustina Asri Rahmianna mempresentasikan naskah orasi

Dr. Ir. Agustina Asri Rahmianna mempresentasikan naskah orasi

Webinar dibuka oleh Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Dr. Ir. Priatna Sasmita. Dalam arahannya, beliau menyampaikan bahwa Profesor Riset bukanlah tujuan utama, namun sebagai penegasan profesi sebagai peneliti. Orasi Profesor Riset saat ini tidak hanya melengkapi secara substansi, namun juga harus bisa menyuguhkan nilai kemanfaatan dari inovasi teknologi, yakni berupa rekomendasi yang bisa segera ditindaklanjuti dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Oleh karena itu, para pembahas diharapkan memberi masukan untuk penajaman naskah yang searah dengan dinamika yang ada, baik kebijakan strategis maupun dinamika perubahan lingkungan. Evaluasi merupakan pelatihan bagi kandidat untuk mempersiapkan diri menghadapi orasi yang sesungguhnya, sekaligus sebagai pemacu bagi peneliti lainnya untuk segera mengikuti jejak sebagai Profesor Riset.

Dr. Ir. Agustina Asri Rahmianna telah berkiprah selama kurang lebih 35 tahun sebagai peneliti agronomi di Balitkabi dan telah menghasilkan sebanyak 147 karya tulis ilmiah, baik di jurnal dan prosiding internasional maupun nasional, 104 diantaranya merupakan tulisan dengan topik komoditas kacang tanah. Sebagai naskah orasi, Dr. Ir. A.A. Rahmianna mengangkat judul “Pengembangan Teknologi Budidaya Kacang Tanah Produktivitas Tinggi dan Rendah Cemaran Aflatoksin Mendukung Ketahanan Pangan” yang merupakan rangkuman dan kristalisasi dari perjalanan kegiatan penelitiannya. Draft naskah orasi ini sebelumnya telah dibahas secara internal di Balitkabi dan Puslitbang Tanaman Pangan.

Prof. (Riset) Dr. Ir. Hasil Sembiring, M.Sc.

Prof. (Riset) Dr. Ir. Hasil Sembiring, M.Sc.

Sebagai pendamping dari Puslitbang Tanaman Pangan adalah Prof. (Riset) Dr. Ir. Hasil Sembiring, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Zulkifli Zaini, MS., dan Prof. (Riset) Dr. Ir. I Nyoman Widiarta. Empat pembahas yang diundang pada evaluasi ini antara lain Prof. (Riset) Dr. Ir. Arief Harsono, MS. dari Balitkabi, Prof. (Riset) Dr. Ir. S. Joni Munarso, MS. dari BB Pasca Panen, Prof. (Riset) Dr. Ir. Satoto, MP. dari BB Padi, dan Prof. Dr. Ir. Amran Muis, MS. dari Balitseral. Pendamping dan pembahas memberikan saran, masukan, dan koreksi demi perbaikan naskah untuk menjadi lebih baik dan sesuai dengan tata penulisan naskah orasi yang baku.

Secara umum, naskah dinilai sudah baik, fokus pada judul yang dibahas dan memiliki alur yang jelas, namun agar menjadi lebih baik disampaikan beberapa saran yang perlu ditindaklanjuti.

Evaluasi naskah orasi dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting

Evaluasi naskah orasi dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting

Dalam arahannya sekaligus menutup webinar, Kepala Puslitbang Tanaman Pangan memberikan apresiasi kepada seluruh pembahas yang telah memberikan saran perbaikan dan berharap bahwa orasi dapat diselenggarakan sesuai target, yaitu di bulan November 2021. Oleh karena berbatas waktu dan tempat, dukungan dari Kepala Satker dan rekan peneliti sangat dibutuhkan. Semoga tercapai.

HP/EG