Berita ยป Penandatanganan Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik

Penandatangan komitmen bersama keterbukaan informasi publik di Balitkabi, 11 Juni 2020

Penandatangan komitmen bersama keterbukaan informasi publik di Balitkabi, 11 Juni 2020

Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP No. 14 Tahun 2008) di lingkungan Kementerian Pertanian, memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik, dalam upaya berpartisipasi aktif dalam proses pembuatan kebijakan publik. Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) merupakan badan publik di bawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian yang wajib memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat, menciptakan dan menjamin kelancaran dalam pelayanan informasi publik.

Dalam rangka memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Modern pada hari Kamis, 11 Juni 2020 Balitkabi melaksanakan penandatangan dokumen komitmen bersama dalam hal keterbukaan informasi publik. Acara dihadiri oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S, Kasubbag Tata Usaha, Kepala Seksi Jasa Penelitian, Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Koordinator Program, Ketua Kelompok Peneliti Plasma Nutfah dan Pemuliaan, Ketua Kelompok Peneliti Ekofisiologi, Ketua Kelompok Peneliti Sosial Ekonomi Inovasi Pertanian dan Perwakilan Koordinator IP2TP lingkup Balitkabi.

Dengan adanya komitmen dalam hal keterbukaan informasi publik, layanan informasi publik dapat diakses dengan mudah, cermat, cepat, dan akurat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Selama ini, pelayanan informasi publik di Balitkabi dilaksanakan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Data dan informasi bisa diperoleh masyarakat dengan mendatangi langsung bagian PPID mengikuti alur pelayanan yang telah ditentukan maupun mengakses website Balitkabi pada alamat http://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/. Data dan informasi tersebut terus menerus diperbaharui serta dapat diperoleh secara cuma-cuma. Dengan adanya keterbukaan publik, diharapkan akan terwujud unit pengelolaan informasi publik yang terbuka, bertanggung jawb, serta mudah diakses oleh masyarakat.

kip kip2
Penandatangan dokumen komitmen bersama keterbukaan informasi publik lingkup Balitkabi tahun 2020.

AA