Berita » Penandatanganan MoU antara PT. HRL Internasional dengan Balitkabi

PT. HRL Internasional merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang agrobisnis pertanian terpadu yang berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Perusahaan ini telah melakukan kunjungan beberapa kali ke Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) dalam rangka menggali informasi terkait pengembangan budidaya tanaman aneka kacang dan umbi serta penjajagan kerjasama dengan Balitkabi.

Pada hari Rabu, 16 Februari 2022, dilaksanakan penandatangan kesepakatan kerjasama (MoU) antara PT. HRL Internasional dengan Balitkabi. Heru Prasanta Wijaya selaku Presiden Direktur PT. HRL Internasional menyampaikan bahwa potensi sumber daya alam Indonesia itu sangatlah besar, apabila dikelola dengan serius dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Presiden Direktur PT. HRL Internasional dan Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian pada acara penandatanganan naskah MoU

Presiden Direktur PT. HRL Internasional dan Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian pada acara penandatanganan naskah MoU

“Saya memiliki keinginan agar rempah dan sumber daya alam Indonesia dapat dikuasai oleh Indonesia kembali. Melalui perkebunan dan hasil bumi, dan bekerjasama dengan masyarakat, kami harap impian itu akan terwujud” tutur Heru.

Penandatanganan kerjasama MoU antara PT. HRL Internasional dengan Balitkabi

Penandatanganan kerjasama MoU antara PT. HRL Internasional dengan Balitkabi

Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom. selaku Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian menjelaskan bahwa varietas unggul baru (VUB) aneka kacang sekarang telah memiliki banyak keunggulan. Melalui modifikasi teknologi dan VUB yang sesuai, bisa mengoptimalkan potensi hasil dari masing-masing komoditas. Ir. Abdullah Taufiq, M.P. turut memberikan saran tentang pengembangan aneka kacang dan umbi. “Sebaiknya budidaya kacang-kacangan pada saat curah hujan rendah, sekitar bulan Februari atau Maret. Bila ingin ditumpangsarikan dengan kayu putih, perlu memilih varietas yang toleran naungan serta mempertimbangkan faktor teknis” ungkap Taufiq. Selain aneka kacang, PT. HRL Internasional juga tertarik untuk mengembangkan porang.

Balitkabi dan PT. HRL Internasional berdiskusi terkait kerjasama yang akan dilakukan

Balitkabi dan PT. HRL Internasional berdiskusi terkait kerjasama yang akan dilakukan

“Melihat animo masyarakat tentang porang sangat luar biasa akhir-akhir ini, kami ingin mengantongi informasi dasar bagaimana budi daya porang yang baik dan benar, oleh karena itu kami datang ke Balitkabi” tutur Heru.

B.S. Koentjoro di akhir acara menyampaikan bahwa selaras dengan fungsinya dalam penyebarluasan informasi aneka kacang dan umbi, Balitkabi siap untuk memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pengembangan komoditas aneka kacang dan umbi, terlebih untuk kemaslahatan bersama.

AA