Berita » Pencapaian Target Utama Kementerian Pertanian Melalui Aplikasi Sistem Modeling

1-workshp-1

Upaya pencapaian swasembada beras dan surplus 10 juta ton, jagung, kedelai, gula, dan daging sapi pada tahun 2014 telah dibahas dalam Workshop Nasional Pengembangan Kebijakan Pertanian Mendukung Pencapaian Target Sukses Kementan 2014 Melalaui Aplikasi Sistem Modeling, pada tanggal 14 Juli 2012 di Hotel Borobudur, Jakarta. Hadir dalam workshop tersebut adalah Menteri Pertanian  Dr. Suswono, Kepala UKP-PPP, Staf Khusus Presiden Bidang Pangan dan Energi, Ketua Komisi IV DPR RI, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, Kementerian Perdagangan, Bulog, Ditjen Teknis dan Badan Lingkup Kementan, Perguruan Tinggi dan Tim Aplikasi Sistem Modeling Kementan. Tujuan Workshop adalah untuk: 1) menginformasikan hasil analisis penyusunan kebijakan pertanian mendukung pencapaian target sukses Kementan 2014 untuk komoditas pagi, jagung, kedelai, gula, daging dan susu melalui aplikasi sistem modeling, 2) mendapatkan masukan guna penyempurnaan hasil analisis.

Laporan Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono menyatakan bahwa dalam kaitannya dengan pencapaian target, Kementan dituntut untuk dapat menyusun perencanaan/program yang rasional, komprehensip, terarah, sistemik dan bersifat kuantitatif dengan mempertimbangkan perilaku parameter-parameter yang berpengaruh. Atas dasar hal tersebut, Kementan bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung menyusun kebijakan pembangunan pertanian menggunakan kerangka pikir analitis Sistem Modeling untuk mencapai target sukses komoditas utama Kementan yang di sajikan pada workshop ini.  Menteri Pertanian mengharapkan melalui pertemuan hari ini akan dapat dihasilkan kebijakan pertanian yang rasional, valid dan dapat diimplementasikan, dan sumber daya dan anggaran pembangunan pertanian dapat dimanfaatkan lebih efektif, efisien dan berhasil guna.

Dr. Haryono Kepala Litbang Pertanian, Menteri Pertanian dan Ketua UKP-PPP Kementerian Pertanian

Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan umbi-umbian (BALITKABI) yang terkait dengan target sukses Kementan pada komoditas kedelai, menugaskan Prof. Dr. Marwoto Ketua Program dan Ir. Apri Sulistyo, MSc peneliti Balitkabi. Hasil rumusan sementara untuk kebijakan upaya pencapaian swasembada kedelai pada tahun 2014 telah disusun rekomendasi berdasarkan analisis modeling.   Rekomendasi untuk pencapaian swasembada kedelai adalah: 1) Kebijakan perluasan areal, 2) Peningkatan produktivitas dari 1,3 t/ha menjadi 1,56 t/ha, 3) Kebijakan pertumbuhan dan pengembangan usaha industri benih, 4) penetapan harga dasar kedelai, 5) Kemitraan dengan BUMN untuk perluasan lahan, dan untuk pengembangan usahatani kedelai.

Dr. Haryono Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan kebijakan surplus 10 juta ton beras melalui sistem aplikasi modeling