Berita » Peneliti Balitkabi Dikukuhkan sebagai Profesor Riset

Peneliti andalan Balitkabi, Dr. Ir. Agustina Asri Rahmianna, 7 Desember 2021 di Gedung Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta Bogor, dikukuhkan sebagai Profesor Riset bidang Budidaya dan Produksi Tanaman, bersama tiga peneliti lainnya dari Balitbangtan.

Orasi Prof (R). Dr. Ir. A.A. Rahmianna

Orasi Prof (R). Dr. Ir. A.A. Rahmianna

Prof (R). Dr. Ir. A.A. Rahmianna mengulas orasi ilmiahnya tentang komoditas kacang tanah. Kekhawatiran Rahmianna didasarkan bukti nyata bahwa biji kacang tanah yang tercemar aflatoksin B (AfB) masih mewarnai produk pangan di masyarakat, di tingkat rumah tangga, dan yang diperjualbelikan di pasar.

berita-21127-orasiprofanna-d

Ditegaskannya bahwa paket teknologi Bukasin (budi daya kacang tanah untuk produktivitas tinggi dan cemaran aflatoksin rendah) mampu menghasilkan kacang tanah hingga 3,5 t/ha, rata-rata 2,8 t/ha polong kering, cemaran aflatoksin < 0,5 µg/kg, dan meningkatkan pendapatan petani Rp 11,6 – 21,7 juta/ha.

Sebagai implikasinya, teknologi Bukasin mampu mendukung ketahanan pangan, dimana pengembangan teknologi ini memerlukan dukungan kebijakan yang mampu mendorong perbaikan manajemen budi daya (Good Agricultural Practices) dan penanganan pascapanen (Good Post Harvest/Handling Practices) kacang tanah, meningkatkan akses petani terhadap sumber-sumber pembiayaan bersubsidi, dan meningkatkan keterlibatan swasta dalam membeli produksi petani dengan disparitas harga karena adanya peningkatan kualitas kacang tanah.

Ditegaskannya bahwa implementasi teknologi Bukasin secara luas diyakini mampu meningkatkan produksi nasional sekaligus menghasilkan bahan baku olahan pangan rendah cemaran AfB agar aman dikonsumsi.

berita-21127-orasiprofanna-b

Kepala Balitbangtan, merasa bangga, untuk kesekian kalinya di Balitbangtan lahir profesor dari peneliti perempuan. Sektor pertanian masih dituntut untuk meningkatkan kinerja, untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok masyarakat Indonesia. Ditekankan bahwa sumbernya dari dalam negeri.

Kepada Profesor Riset Balitbangtan yang dikukuhkan hari ini, dimintanya untuk ambil bagian, memberikan kontribusi terhadap pertanian nasional. “Saya tidak bosan-bosannya, untuk mengajak peneliti Balitbangtan untuk menunjukkan karya terbaiknya,” pinta Kepala Balitbangtan, termasuk kepada peneliti yang baru dikukuhkan sebagai Profesor Riset.

Profesor Riset Balitbangtan (kiri), bersama Kapuslitbangtan dan Prof.Hasil Sembiring (kanan)

Profesor Riset Balitbangtan (kiri), bersama Kapuslitbangtan dan Prof.Hasil Sembiring (kanan)

Prof (R). Dr. Ir. A.A. Rahmianna merupakan Profesor Riset ke-622 di tingkat nasional dan ke-155 di lingkup Kementerian Pertanian.

Selamat Prof (R). Dr. Ir. Agustina Asri Rahmianna. Balitkabi bangga atas capaiannya.

AK