Berita » Peneliti Balitkabi Ikuti Workshop Penulisan Ilmiah

aj-cover

Satu peneliti Balitkabi, Herdina Pratiwi S.P., bersama 31 peserta dari berbagai balai penelitian lingkup Badan Litbang Pertanian mengikuti Workshop Penguatan Karya Tulis Ilmiah untuk Publikasi Internasional pada 18-20 Desember 2012 di Cisarua Bogor. Workshop diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Setiap peserta membawa tulisan berbahasa Inggris sebagai bahan latihan langsung bagaimana menyiapkan tulisan ilmiah yang akan dikirimkan untuk Jurnal Internasional.

Dalam sambutannya, Dr. Joko Pitono Kepala KSPHP Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, mewakili ketua tim pelaksana, mengatakan bahwa workshop kedua ini diadakan dalam rangka menindaklanjuti arahan Kepala Badan Litbang Pertanian untuk memperkuat scientific recognition yaitu agar hasil-hasil dari penelitian Badan Litbang Pertanian dapat ditulis dan dikenal di kancah publikasi ilmiah internasional. Workshop ini diadakan untuk mendorong para peneliti untuk dapat menerbitkan karya tulis mereka di jurnal internasional. Dari 50 makalah yang masuk, workshop pertama berhasil menjaring 16 makalah yang layak dipublikasikan secara internasional. Enambelas makalah saat ini sedang dalam proses editing oleh reviewer yang telah ditunjuk panitia dengan tujuan akhir di-submit ke jurnal internasional. Dengan format yang berbeda, workshop kedua diharapkan dapat menjaring lebih banyak lagi makalah yang berpotensi untuk jurnal internasional.


Jurnal Ilmiah internasional menjadi sasaran peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian untuk
memperkuatscientific recognitionBadan Litbang Pertanian

Dalam arahan Sekretaris Badan Litbang Pertanian yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Dr. Ir. Moch. Syakir, M.S., disampaikan bahwa perlu dicari format agar hasil penelitian Badan Litbang Pertanian dapat dimuat di jurnal internasional. Untuk itu, perlu diadakan peningkatan atau rekomendasi bagi setiap UPT untuk mengawal para peneliti dengan mendesain dari awal setiap proposal agar dapat bermuara pada publikasi internasional. Tulisan yang dibuat harus menngejawantahkan program strategis Kementerian Pertanian dan benar-benar bermanfaat untuk petani.

Workshop dilaksanakan dengan metode penyampaian materi di kelas, pendampingan atau diskusi, presentasi kelompok dan perbaikan makalah. Pada hari pertama peserta diberi materi yang bertemakan tips, metodologi penelitian, dan teknik penyajian data, serta penggunaan bahasa Inggris dalam penulisan karya tulis ilmiah untuk publikasi internasional. Setelah mendapatkan materi, peserta dikelompokkan sesuai bidang ilmu, kemudian masing-masing kelompok diberi pendampingan dalam memperbaiki makalah yang telah dibawa dan mengidentifikasi jurnal internasional yang relevan. Pada hari terakhir, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, progress yang telah dicapai selama dua hari serta menyampaikan jurnal internasional yang akan dituju. Perbaikan makalah dikirim kembali ke panitia satu minggu setelah workshop ini untuk direview lagi agar dapat dikirim ke jurnal internasional.

Hal positif yang didapatkan dari workshop tersebut adalah peserta mendapatkan keterampilan, baik melalui diskusi kelompok maupun diskusi kelas serta latihan menulis karya tulis ilmiah untuk publikasi internasional. Workshop tersebut diharapkan dapat menginspirasi balai-balai penelitian untuk mendorong para peneliti dalam rangka penguatan penulisan karya tulis terutama untuk publikasi internasional dengan melaksanakan kegiatan yang serupa secara rutin.

Dina/AW