Berita » Peneliti Balitkabi menerima Himpenindo Award 2021

Pada ulang tahunnya yang ke-8, Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) menganugerahkan Himpenindo Award kepada peneliti muda berprestasi. Penganugerahan tersebut dilakukan pada Acara Puncak HUT ke-8 Himpenindo, 29 Oktober 2021 di Auditorium LIPI/BRIN Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, serta dilakukan pula secara daring. Kepala Balitkabi (Dr. Ir. Titik Sundari, M.P.) beserta jajarannya mengikuti secara daring.

berita-211030-himpenindoaward-c

Tema umum HUT Himpenindo 2021 adalah “Integrasi dan Sinergi Riset untuk Inovasi Tanpa Batas”. Disampaikan bahwa fokus Himpenindo Award 2021 untuk peneliti muda: muda dalam usia, matang dalam berkarya, urai laporan Ketua Panitia HUT Himpenindo. Demikian juga, yang diperkuat oleh Ketua Umum Himpenindo, peneliti muda memang harus dipacu, karena saat ini minat menjadi peneliti memang semakin menurun.

Kepala BRIN (kiri) dan Ketua Umum Himpenindo (kanan)

Kepala BRIN (kiri) dan Ketua Umum Himpenindo (kanan)

Kepala BRIN (Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc.) yang sekaligus sebagai Pelindung Himpenindo, memberikan banyak tantangan kepada Himpenindo, dimana kehadirannya Himpenindo sangat diperlukan pada masa transisi saat ini.

Hal lain adalah perubahan institusi pembina karena adanya BRIN. Bisa dipertimbangkan bahwa organisasi profesi ini antara Himpenindo dan Hiperindo difusikan, misalnya menjadi Himpunan Periset Indonesia. Dipertegas oleh Kepala BRIN, mari jadikan Himpenindo benar-benar menjadi rumah periset.

Penerima Himpenindo Award 2021 bersama Ketua Umum dan jajaran pengurus Himpenindo Pusat

Penerima Himpenindo Award 2021 bersama Ketua Umum dan jajaran pengurus Himpenindo Pusat

Keputusan Dewan Pakar Himpenindo yang disampaikan oleh Prof. (Riset). Dr. Deciyanto Soetopo, M.S., Himpenindo Award 2021 terbagi menjadi 3 kelompok bidang (ilmu hayati, teknologi, dan ilmu sosial) yang masing-masing terdapat 2 penerima Himpenindo Award. Dr. Ayda Krisnawati, S.P., M.Sc., pemulia kedelai Balitkabi, menjadi salah satu penerima Himpenindo Award 2021 kategori bidang Ilmu Hayati.

Himpenindo Maju, Indonesia Jaya