Berita ยป Peneliti Balitkabi menjadi Narasumber Bimtek Perbenihan Porang di Madiun dan Nganjuk

Porang memasuki babak baru dengan semakin meningkatnya kesadaran untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambahnya, ditambah lagi adanya berita akan dibukanya peluang ekspor ke Cina yang sempat terhenti beberapa waktu.

Peningkatan ekspor, pelepasan varietas, dorongan riset pengolahan porang dan produk turunannya ke arah industri pangan, pengawasan larangan ekspor dalam rangka mengamankan plasma nutfah merupakan strategi dan dukungan pemerintah terhadap tanaman ini, sehingga besar kemungkinan luas tanam porang akan semakin bertambah. BPTP Balitbangtan Jawa Timur bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perbenihan di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Nganjuk.

berita-211108-narsumperbenihan-a

Dalam sambutannya, Kepala BPTP Dr. Catur Hermanto, menyampaikan bahwa Bimtek yang diselenggarakan antara Balitbangtan dan Komisi IV DPR RI bertujuan untuk peningkatan kapasitas petani dalam budi daya tanaman porang, juga peningkatan skill, penguasaan sistem produksi, peningkatan kapasitas kelembagaan, dan benih bersertifikat.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Sodik Heri Purnomo, M.Si., menyampaikan pesan bahwa peningkatan kapasitas SDM merupakan kunci kemajuan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Kadis berjanji memfasilitasi dan mendukung kegiatan pengembangan pertanian dan peningkatan kapasitas petani dan keluarga petani dalam bentuk pendampingan, beasiswa, maupun pelatihan.

berita-211108-narsumperbenihan-b

Kadis Pertanian Kabupaten Nganjuk, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Ferfi H.W. S.Sos., menyampaikan bahwa pangsa pasar porang masih terbuka lebar, namun untuk memanfaatkannya harus memenuhi persyaratan kualitas di negara tujuan, dan itu merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan menimba lebih banyak ilmu.

Menyambung pesan Kadis dan Kepala BPTP, perwakilan Komisi IV DPR RI, Setyawan dan Agung Ciptadi, keduanya berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti Bimtek dengan seksama dan dapat mengembangkan ilmu yang didapatkan dengan penuh semangat untuk kemajuan pertanian, khususnya porang, di daerah masing-masing.

Suasana Bimtek Perbenihan Tanaman Porang di Kabupaten Nganjuk

Suasana Bimtek Perbenihan Tanaman Porang di Kabupaten Nganjuk

Dengan jumlah peserta sekitar 100 orang di masing-masing Kabupaten, materi Prosedur Produsen Benih Porang Bersertifikat disampaikan oleh Muhammad Suhelmi Faruq, S.P. dari UPT PSBTPH Jatim Korwil Kerja II Madiun, dan Deskripsi Varietas Porang Madiun 1 dan Teknologi Perbenihannya disampaikan oleh Dr. Novita Nugrahaeni dari Balitkabi.

Peserta di kedua lokasi Bimtek memberikan perhatian serius pada kemungkinan dan prosedur untuk mendaftarkan varietas yang mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Madiun 1, selain itu masalah keragaman pertumbuhan porang dengan bahan tanam yang sama juga menjadi bahan diskusi yang menarik.

NN