Berita ยป Peneliti Balitkabi menjadi Narasumber Bimtek Perbenihan Porang di Madiun

Porang masih menarik minat dan perhatian khalayak, karena nilai aktual dan potensialnya yang tinggi dan belum semuanya tergarap dan memberikan hasil seperti yang diharapkan. Semakin bertambahnya luas tanam dan adanya varietas unggul porang Madiun 1 menimbulkan gagasan untuk menambah nilai aktual keberadaan varietas unggul tersebut bagi peningkatan kesejahteraan petani porang Madiun, sebagai pemilik varietas.

Peneliti Balitkabi sebagai pemateri bimtek porang

Peneliti Balitkabi sebagai pemateri bimtek porang

Guna menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan nilai ekonomi varietas Madiun 1, BPTP Balitbangtan Jawa Timur melaksanakan Pendampingan dan Bimtek Perbenihan Porang. Bimtek Perbenihan dilaksanakan di Hotel Setia Budi Madiun dengan menghadirkan narasumber praktisi tanaman porang Sukarno dan peneliti Balitkabi Dr. Novita Nugrahaeni.

Peserta Bimtek sebanyak 150 petani dari Kecamatan Saradan dan Dolopo, Kabupaten Madiun, yang terbagi dalam dua kelas paralel, mendapatkan materi teknologi budi daya dan pengenalan varietas porang Madiun 1 beserta teknologi perbenihannya.

Peserta bimtek dan materi bimtek dari peneliti Balitkabi

Peserta bimtek dan materi bimtek dari peneliti Balitkabi

Novita menyampaikan ragam dan karakteristik umum tanaman porang dan beberapa spesies kerabat yang mempunyai kemiripan dengan tanaman porang, riwayat pendaftaran dan pelepasan varietas Madiun 1, karakteristik varietas yang dapat digunakan untuk menjaga kemurnian genetis varietas, dan tatacara produksi serta sertifikasi benih melalui beberapa alternatif penyediaan benih porang bermutu sesuai regulasi yang berlaku.

NN