Berita » Peneliti Balitkabi menjadi Narasumber Talkshow Pengembangan Tempe Kedelai

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen), 15 Desember 2021, menyelenggarakan talkshow dengan tema “All about tempeh from local soybeans, the Indonesian superfood”. Dilakukan secara hybrid (daring dan luring) dari Auditorium Sadikin Suminta Wikarta, Bogor.

Pemulia kedelai Balitkabi (kanan) menjadi narasumber Talkshow All About Tempeh from Local Soybeans

Pemulia kedelai Balitkabi (kanan) menjadi narasumber Talkshow All About Tempeh from Local Soybeans

Kepala BB Pascapanen, Dr. Prayudi Syamsuri, S.P., M.Si., saat membuka talkshow menyampaikan bahwa saat ini tantangannya adalah meningkatkan ketahanan pangan, yang salah satu tolok ukurnya adalah angka kecukupan protein. Tempe dari kedelai merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi memadai, tempe sudah menjadi superfood, yang sudah mendunia.

Topik bahasan pada talkshow tersebut adalah Varietas Unggul Kedelai Nusantara Hasil Riset Balitbangtan (Dr. M. Muchlish Adie), Aspek Kelembagaan Sistem Usaha Tani dan Ketersediaan Kedelai Lokal di Pasar (Prof. Dr. I Made Oka Adnyana), Diversifikasi Produk Olahan dan Karakterisasi Tempe Kedelai Lokal (Prof. Dr. Sri Widowati), Product Development of Tempeh for Global Market (Amadeus Adriando, Ph.D.) dan Tempe untuk Indonesia Sehat (Wida Winarno, Ph.D.).

Adriando, pemerhati kedelai milenial yang memulai perhatiannya akan tempe kedelai dari Amerika dan Inggris, mempublikasikan tentang Tempeh: A semicentennial review on its health benefits, fermentation, safety, processing, sustainability and affordability, menjulukinya sebagai Tempeh Bible.

Dua pemerhati dan penggiat tempe dari kedelai Indonesia

Dua pemerhati dan penggiat tempe dari kedelai Indonesia

Diakuinya, pada tempe tersembunyi kandungan gizi yang lengkap, bahkan tempe adalah makanan yang kaya gizi, ramah lingkungan, dan terjangkau dari sisi harga. Demikian juga disampaikan oleh Wida bahwa tempe adalah makanan yang menyehatkan. Ditegaskan, konsep sehat yang mengacu pada WHO adalah keadaaan sempurna, fisik, mental, maupun sosial, dan tidak hanya bebas dari penyakit dan cacat.

Bunda Stunting Kota Bogor

Bunda Stunting Kota Bogor

Yang menarik pada talkshow ini hadir Bunda Peduli Stunting Kota Bogor, yang sekaligus merupakan Wakil Walikota Bogor. Disampaikannya bahwa talkshow yang mengambil tema tentang tempe kedelai adalah sangat relevan dengan program stunting di kota Bogor.

Memang tempe adalah makanan untuk semua kalangan dan dibutuhkan oleh semua umur.

MMA