Berita » Peneliti Balitkabi Paparkan Hasil Penelitian di Seminar Nasional UNS

Dalam rangka mendiseminasikan hasil-hasil penelitian serta memperkuat scientific recognition, enam staf peneliti Balitkabi: Dr. Sholihin, Dr. M. Jusuf dan Dr. Heru Kuswantoro, Eriyanto Yusnawan, Ph.D. dan Alfi Inayati, MP serta Herdina Pratiwi, SP. menyampaikan hasil penelitian mereka pada seminar nasional tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta pada 17 April 2013. Seminar dengan tema “Akselerasi Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Menuju Kemandirian Pangan dan Energi”, diadakan dalam rangka Dies Natalis UNS ke-37.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Haryono, saat menyampaikan makalah kunci Menteri Pertanian.

Seminar menghadirkan makalah kunci berjudul “Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pertanian untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan dan Energi Berbasis Pertanian” oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia yang diwakili oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Haryono, MSc. Dalam sambutannya, Menteri Pertanian menyampaikan bahwa dalam rangka penyediaan energi berbasis pertanian, Kementerian Pertanian mengupayakan prioritas dalam identifikasi potensi limbah pertanian sebagai sumber energi dan teknologi konversinya. Upaya konkrit yang saat ini diupayakan adalah dengan mengembangkan Desa Mandiri Energi (DME) yang memanfaatkan limbah pertanian sebagai sumber energi nabati yang digunakan secara in-situ sehingga diharapkan target penggunaan energi nabati sebesar 10% pada tahun 2025 dapat terpenuhi.

Seminar dihadiri lebih dari 250 orang peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, membahas 200 makalah yang terbagi dalam empat sub tema: a) Penyediaan Sarana Produksi Pertanian untuk Kemandirian Pangan dan Energi Berbasis Pertanian, b) Teknologi Budidaya Pertanian Berkelanjutan untuk Kemandirian Pangan dan Energi Berbasis Pertanian, c) Teknologi Pengolahan dan Pemasaran untuk Kemandirian Pangan dan Energi Berbasis Pertanian, dan d) Aspek Penunjang: Kelembagaan, Perkreditan, Pendidikan, Sosial Budaya dan Peran Media Massa untuk Kemandirian Pangan dan Energi Berbasis Pertanian. Semua makalah disampaikan secara oral yang terbagi ke dalam 19 ruang presentasi.

Empat peneliti Balitkabi saat menyampaikan hasil penelitian sedang memaparkan makalah.

Selain makalah kunci, seminar juga memaparkan tiga makalah utama yaitu; 1) Pengembangan Energi Berbasis Pertanian (oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, MS selaku Direktur Program Pascasarjana UNS), 2) Peran Swasta dan Perbankan dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan (oleh Drh. Paulus Setyabudi, M.M. PhD, Mantan Komisaris Bank Agris dan SVP Charoen Pokphand Group Jakarta), dan 3) Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan dan Energi Berbasis Pertanian (Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS, Dekan Fakultas Pertanian UNS).

HP/EY/Win