Berita ยป Peneliti Balitkabi Satukan Pendapat Siapkan Penelitian IMIN pada MK II

Dr. Rudy Soehendi sebagai penanggung jawab penelitian IMIN (International Mungbean Improvement Network Project) di Balitkabi, di Aula Balitkabi, 13 Agustus 2021, merancang penelitian lanjutan IMIN untuk musim kemarau kedua (MK II) 2021. Penelitian yang telah bergerak kurang lebih satu tahun, kembali satukan pendapat dan rumuskan persiapan penelitian. Rapat dihadiri sembilan peneliti yang terdiri dari Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian, peneliti bidang pemuliaan, ekofisiologi, sosial ekonomi, dan proteksi tanaman, serta teknisi lapang.

Dipaparkan bahwa penelitian kacang hijau tahap I, yakni pada MK I di IP2TP Muneng Probolinggo, telah selesai dan memperlihatkan keragaaan dan keragaman genotipe yang diuji. Untuk bisa mendeteksi keunggulan masing-masing genotipe kacang hijau, akan dilanjutkan ke tahap berikutnya pada MK II 2021 di IP2TP Muneng Probolinggo dan IP2TP Jambegede Malang. Disampaikan juga oleh Rudy Soehendi tentang progres kegiatan yang telah dilaksanakan di Muneng, meliputi hasil tanam MK I, kegiatan yang sedang berjalan (koleksi white fly vektor virus tanaman), dan kegiatan yang akan dilakukan pada MK II. Dalam waktu dekat tim akan mempersiapkan kegiatan persiapan screening penyakit cendawan pada 35 varietas yang merupakan koleksi dari negara-negara anggota IMIN. Diharapkan dengan pelaksanaan uji ini akan diperoleh varietas-varietas yang memiliki keunggulan tahan penyakit utama seperti Cercospora dan downy mildew. Rapat ini juga disertai dengan diskusi dan penyampaian pendapat dari masing-masing peneliti, yang akhirnya banyak melengkapi rencana persiapan percobaan pada MK II.

Yang tidak kalah pentingnya, persiapan naskah yang akan dipublikasi di Buletin Mung Bean dan hasil publikasi dalam naskah ilmiah dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Harapannya, dalam kegiatan ini banyak manfaat yang dapat di peroleh oleh masing-masing negara anggota IMIN-2 untuk pengembangan kacang hijau dengan kualitas yang baik sesuai permintaan masyarakat dengan kriteria adaptif luas di berbagai lingkungan.

imin imin2
Dr. Rudy Soehendi memimpin rapat tim IMIN-2 (kiri); anggota tim IMIN-2 Balitkabi yang hadir dalam pertemuan di Aula Balitkabi (kanan)

EU