Berita » Peneliti Pemula Balitkabi Harus Siap Hadapi Alih Generasi

Regenerasi peneliti Balitkabi dituntut semakin cepat, karena kesenjangan umur antara peneliti senior dan peneliti pemula di Balitkabi cukup jauh. Para peneliti pemula harus dengan cepat menyerap ilmu dari senior sebelum mereka purnatugas.

Oleh karena itu, dalam rangka peningkatan kompetensi dan etika peneliti pemula sebagai upaya akselerasi alih generasi peneliti Balitkabi, maka pada tanggal 26–27 Januari 2017, bertempat di aula Balitkabi diselenggarakan pelatihan bagi peneliti pemula Balitkabi.

30-1-17

Sebanyak 15 orang yang terdiri dari calon peneliti dan peneliti pertama mengikuti pelatihan ini. Pelatihan dibuka oleh Wisnu Unjoyo, S.P. selaku ketua Tim SDM sekaligus mewakili kepala Balitkabi.

Para peserta diharapkan dapat memanfaatkan waktu pelatihan dengan baik untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari para peneliti senior dan pemateri lainnya. Pelatihan ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh peneliti pemula, karena pelatihan ini merupakan sarana para senior menurunkan keahlian mereka kepada junior sehingga alih generasi peneliti Balitkabi dapat berlangsung dengan baik.

Seorang peneliti harus mempunyai “sense of innovation and technology”, selain itu perlu juga dilengkapi “art dan science” untuk membentuk “attitude” peneliti, sehingga jika semua terintegrasi akan membentuk karakter peneliti yang handal, demikian harapan Wisnu Unjoyo selaku Ketua Tim SDM Balitkabi.

Materi pembekalan yang diberikan meliputi: (1) Pemahaman dan Aplikasi Rancangan Percobaan oleh Ir. Abdullah Taufiq, M.P., (2) Peningkatan Pemahaman Penelitian sebagai Art dan Science oleh Prof. Subandi, (3) Kaidah Penulisan Karya Tulis Ilmiah oleh Achmad Winarto, S.P., dan (4) Etika Peneliti dan Networking oleh Dr. Rudi Iswanto.

Penghargaan disampaikan oleh Ketua Tim SDM Balitkabi pada peserta pelatihan atas keseriusannya selama mengikuti pelatihan. Dari pelatihan ini diharapkan para peneliti pemula dapat mengambil nilai positif berdasarkan materi yang disampaikan dan mengaplikasikannya sehingga terbangun attitude yang baik sebagai modal perbaikan karakter peneliti ke depan. Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi akselerasi/percepatan alih generasi peneliti di Balitkabi.