Berita » Pengadaan yang Kredibel Sejahterakan Bangsa

forkom

Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda pada Senin, 28 Oktober 2019 telah dimulai acara Forum Komunikasi Pelaku Pengadaan Barang dan Jasa, di Surabaya. FORKOM ini diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal, Kementerian Pertanian melalui Biro Umum Pengadaan dengan tema “Pengadaan yang Kredibel Sejahterakan Bangsa” yang berlangsung selama tiga hari. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana komunikasi para pelaku Pengadaan Barang/Jasa berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ditemui di lapangan. Acara ini dihadiri 150 orang undangan yang terdiri dari KPA, PPK, pelaku pengadaan dari Dinas maupun UPT lingkup Kementerian Pertanian. Balitkabi mengirimkan Ekmi Luksmiawati Yunita, S.Si dan Heri, SP untuk mengikuti acara tersebut.

Acara dibuka oleh Prasojo Bayu Suwondo Putro, S.Pi, M.Agr.Sc, Ph.D selaku Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya, Prasojo mengemukakan tentang potensi Jatim khususnya Surabaya, dan penerapan e-katalog lokal demi mengangkat potensi daerah. Prasojo menyampaikan rasa terima kasih karena Surabaya telah dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara ini.

Sambutan berikutnya adalah Wawan Setiawan ND, S.E., M.M. selaku Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pemantauan Pengadaan Barang/Jasa. Forum ini merupakan pertemuan kedua setelah ditetapkan peraturan pengadaan barang/jasa di Semarang yang dihadiri oleh UPT wilayah Barat dan sebagian undangan dari Provinsi.

Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa, Drs. Toto Sumanto, M.Si. menegaskan bahwa pengadaan barang/jasa menjadi salah satu kegiatan rawan korupsi, sehingga diperlukan pencegahan yang terintegrasi terhadap tindak pidana korupsi ini. Strategi tersebut diawali dengan sosialisasi Perpres no. 54 tahun 2018. Kemudian dilanjutkan dengan konsolidasi pejabat fungsional pengadaan barang/jasa yang terkoordinasi di unit kerja Eselon I di Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. Terakhir adalah penerapan katalog sektoral untuk setiap kegiatan pengadaan barang/jasa.

Peserta Forkom PBJ (kiri) dan Pemaparan materi oleh narasumber (kanan)

Peserta Forkom PBJ (kiri) dan Pemaparan materi oleh narasumber (kanan)

Para narasumber menegaskan arahan Menteri Pertanian untuk meningkatkan kinerja pengadaan sehingga menjadi kinerja luar biasa, dengan kerja cepat, kerja fokus dan berorientasi pada hasil. Menteri Pertanian juga mengingatkan peranan pelaku pengadaan barang/jasa sebagai bagian integral dan sangat penting untuk mensukseskan pembangunan pertanian. Ke depan, pengadaan barang/jasa harus menjadi pengadaan yang berkelanjutan, memperhatikan aspek sosial ekonomi, berorientasi pada lingkungan hidup dan mampu mempekerjakan tenaga kerja dengan gaji setingkat lebih tinggi dari UMR.

Materi pertama yang dibahas adalah Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa dan Tata Cara Penyusunan Rencana Umum Pengadaan yang disampaikan oleh Direktorat Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Pengadaan, LKPP. Materi kedua berjudul Implementasi Permen PUPR no. 07/PRT/M/2019 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi dan Mekanisme Serah Terima Pekerjaan Konstruksi. Kesempatan terakhir adalah diskusi panel terkait solusi terhadap permasalahan di lapangan. Peserta sangat antusias dengan materi-materi yang disampaikan, diskusipun berjalan lancar dan menarik.
ELY