Berita » Pengenalan Budi Daya Hidroponik pada Mahasiswa Magang di IP2TP Ngale

Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Ngale, Balitkabi, menjadi tempat magang dari lima mahasiswa Universitas Soerjo dan satu mahasiswa dari Universitas Muria Kudus sejak 1 November 2021.

Magang difokuskan pada pengenalan budi daya tanaman secara hidroponik yang tentunya dapat dilakukan secara mandiri di rumah tanpa harus berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini yang menjadi dasar pertimbangan penentuan kegiatan magang mahasiswa di IP2TP Ngale.

berita-211123-hydroponikngale-a

Disamping itu, hidroponik merupakan teknik budi daya tanaman yang mengefisienkan penggunaan air dalam prosesnya, sehingga sangat tepat dikembangkan di daerah dengan kondisi air yang terbatas seperti Ngale. Tidak menutup kemungkinan juga untuk diperkenalkan tentang aneka kacang dan umbi yang menjadi mandat dari Balitkabi.

berita-211123-hydroponikngale-b

Budidaya hidroponik adalah salah satu pola budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuh dan menekankan pada penambahan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Tentu saja kebutuhan air pada tanaman hidroponik lebih sedikit dibandingkan dengan budi daya konvensional menggunakan tanah sebagai medianya.

Keunggulan hidroponik dibandingkan dengan budi daya tanaman menggunakan tanah antara lain pemeliharaan dan teknis pengerjaannya lebih mudah dan murah, karena tidak perlu melibatkan banyak tenaga kerja, relatif bersih, media tanaman yang digunakan bersih dari kotoran, serangan hama penyakit relatif kecil, mutu hasil tanaman berkualitas serta produktifitas tinggi.

Aspek positif dari budi daya tanaman hidroponik juga dapat memberikan keuntungan bagi lingkungan sekitar, karena dapat dijadikan sarana pendidikan dan pelatihan di bidang pertanian modern. Hidroponik juga mencerminkan pertanian yang lebih bersih dan sehat, serta mendorong usaha agribisnis pada tingkat pedesaan tanpa mencemari lingkungan.

NAH – IP2TP Ngale