Berita ยป Penggiat Petani Kedelai Asal Kota Tembakau

Gayanya yang sedikit nyentrik, berbicara sesuai kenyataan serta apa adanya tetapi sederhana, semangat dan bersahaja begitu sosok petani handal yang bernama Gatot Sudibyo. Selain sebagai petani, Pak Gatot juga penangkar benih kedelai dan ketua Kelompok Tani Sidodadi di Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. Menaungi para petani pada lahan sawah seluas 140 ha, beliau selalu berupaya untuk mencukupi kebutuhan benih kedelai bagi anggotanya. Berbagai kalangan pernah bertandang ke tempatnya, mulai pejabat pusat hingga daerah, gapoktan, kelompok tani, mahasiswa, dan para peneliti dari berbagai disiplin ilmu untuk membahas, berdiskusi, serta tukar pengalaman komoditas tanaman pangan.

Meskipun berjuluk kota tembakau, di Jember juga terdapat lahan-lahan untuk komoditas tanaman pangan. Pola tanam di daerah tersebut adalah padi-padi -kedelai. Kenapa pola tanam ke tiga selalu kedelai, dituturkan oleh Gatot, karena kebutuhan air hanya cukup untuk tanaman tersebut. Tanaman palawija lainnya seperti jagung membutuhkan pengairan antara lima sampai tujuh kali, sedangkan tanaman kedelai cukup sekali pada awal tanam. Kedelai, tetap menjadi komoditas pilihan. Tantangan dilontarkan oleh Gatot, temukan varietas kedelai dengan produktivitas lebih tinggi dari varietas lahan sawah yang sudah tersedia supaya petani kedelai bisa sejahtera.

Lebih lanjut Gatot menceritakan bahwa setiap tahun, hasil-hasil biji kedelai sebagian diproses untuk menjadi benih, yang dipesan untuk memenuhi kebutuhan pada musim tanam MH (penghujan) di daerah lain, yakni untuk lahan lahan kering tadah hujan, seperti dikirim ke daerah Blitar dan lainnya. Selanjutnya, hasil biji dari daerah tersebut akan menjadi stok benih untuk lahan-lahan sawah, termasuk di area sawah kelompok tani Pak Gatot. Ini menunjukkan alur benih antar musim dan antar lokasi telah berjalan dengan baik, sehingga kebutuhan benih petani kedelai dapat terpenuhi. Selamat Pak Gatot, semoga kami terus berupaya berkontribusi nyata untuk peningkatan produktivitas kedelai di lahan sawah.

GWAS/RDP/PWT

gatot gatot2
Berbincang kedelai dengan Pak Gatot