Berita » Pengrajin Tahu dari Cibuntu Semakin Kreatif

Hiruk pikuk gerobak pengangkut kedelai, pengangkut kayu bakar, mobil pembawa tahu, bahkan lalu lalang pekerja tahu dengan memakai sepatu bot dari karet, adalah potret keseharian di Cibuntu, Kota Bandung. Blok Tahu Cibuntu, atau dikenal juga sebagai Gang Cibuntu, telah dikenal sebagai sentra pengrajin tahu sejak lama, dan berlangsung hingga saat ini.

Sentra industri tahu di Bandung

Sentra industri tahu di Bandung

H. Dadang, generasi ketiga pengrajin tahu

H. Dadang, generasi ketiga pengrajin tahu

Taruhlah, Haji Dadang, merupakan pengrajin tahu di Cibuntu generasi ketiga. “Tahu menjadi penggerak perekonomian di daerah sini, sudah dilakukan turun-temurun, pandemi Covid-19 sepertinya tidak terlalu berpengaruh terhadap produksi tahu di sini”, ujar H. Dadang.

Harga kedelai memang cenderung mahal akhir-akhir ini. Dulu pernah dicoba untuk menggunakan bahan baku selain kedelai untuk produk tahunya, namun masih kalah jauh dibandingkan dengan kualitas tahu yang berasal dari kedelai.

Ditegaskan oleh H. Dadang, tahu yang menggunakan bahan baku kedelai lokal (varietas Indonesia) tidak hanya menang di kualitas tahunya, namun dibuatnya juga perbandingan oleh H. Dadang, untuk menghasilkan tahu dengan jumlah yang sama, kedelai impor butuh 15 kg, kedelai lokal hanya perlu 13 kg.

Namun, untuk mendapatkan kedelai lokal memang tidak mudah. “Dulu saya sering mendampingi orang tua saya untuk mencari kedelai lokal di Garut, Cililin (Bandung) hingga Cianjur”, kenang H. Dadang.

Produk tahu yang dibuat pengrajin di Cibuntu terus dikembangkan, menyesuaikan dengan kondisi saat ini, bukan hanya pembungkusnya, tetapi juga varian produknya.

Contoh varian produk tahu Cibuntu Bandung

Contoh varian produk tahu Cibuntu Bandung

Misalnya, varian produk tahu berupa tahu susu, tahu keju, tahu sumsum, tahu stik kuning, tahu stik putih, tahu jumbo, dan sebagainya. Setiap pengrajin berkreasi sendiri-sendiri dengan produk tahunya agar tetap bisa bersaing dan mendekati selera konsumen. Tahu asal kedelai telah menjadi jantung perekonomian di Cibuntu.

MMA