Berita » Penguatan Sistem Informasi Penangkar Benih Akabi di Jawa Timur

Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan penggunaan teknologi, komunikasi, dan informasi yang semakin maju. Salah satu pengembangan teknologi, komunikasi, dan informasi adalah e-commerce dan big data. Balitkabi menginisiasi penggabungan big data dan e-commerce dengan membangun “Sistem Informasi Penangkar dan Stok Benih Aneka Kacang dan Umbi” yang disingkat Si ProKaBi. Si ProKabi merupakan wadah informasi para penangkar benih aneka kacang dan umbi (akabi) se-Jawa Timur, agar ketersediaan stok benih akabi dengan mudah dan cepat terinformasikan ke pengguna.

Peneliti Balitkabi melakukan kunjungan ke lahan UD. Prima Permata Tani, Tuban

Peneliti Balitkabi melakukan kunjungan ke lahan UD. Prima Permata Tani, Tuban

Penguatan Si ProKabi tahun 2022 dilakukan melalui re-inventarisasi penangkar akabi yang ada di Jawa Timur, yaitu wilayah utara (Tuban dan Gresik), barat-selatan (Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Blitar) dan wilayah timur (Jember dan Banyuwangi).

Sebagian besar penangkar benih adalah menangkarkan benih kedelai dengan didominasi varietas kedelai Anjasmoro. Varietas kedelai lainnya yang mulai diproduksi benihnya adalah Grobogan, Devon 1, Detap 1, Detam 1, Gepak Kuning, Dena 1, dan Dega 1. Alasannya, karena hanya varietas tersebut yang telah terdaftar di e-katalog. UD Prima Permata Tani yang ada di Tuban mengkhususkan pada penyediaan benih kacang tanah, namun kedepan akan dikembangkan untuk benih kacang hijau dan kedelai.

Gudang penyimpanan benih CV. Shaka Mulia, Banyuwangi

Gudang penyimpanan benih CV. Shaka Mulia, Banyuwangi

Penangkar benih yang ada di Ponorogo (CV. Alam Lestari, CV. Trubus Gumelar, dan UD. Dwi Saputra), selain konsisten memproduksi benih kedelai, juga mulai memproduksi benih kacang tanah Kancil dan benih kacang hijau varietas Vima 1 dan Vima 2. Serupa juga dilakukan oleh CV. Bunga Tani Sejahtera di Jember yang juga memproduksi benih kedelai, dan kacang hijau Vima 1 dan Vima 3.  Yang menarik, CV. Agro Inovasi Mandiri (Sidoarjo), merencanakan bekerjasama dengan PT. Otsuka Indonesia untuk memperbanyak varietas kedelai Osoya.

Animo memproduksi benih kedelai oleh penangkar benih yang ada di Jawa Timur terlihat sangat tinggi. Semoga benih menjadi peningkat produksi kedelai nasional.

 

KPS/HP/AA/SW