Berita » Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Petugas Pengelola Administrasi Keuangan di lingkungan Balitkabi

Sambutan Dr. Suharsono mewakili Ketua SDM Balitkabi.

Dalam rangka meningkatkan kinerja sistem pengelolaan keuangan untuk mendukung kinerja penelitian maka Tim SDM Balitkabi menyelengarakan Workshop Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Petugas Pengelola Administrasi Keuangan. Workshop dilaksanakan pada 19-20 November 2012 di Kebun Percobaan Genteng, Banyuwangi, diikuti petugas keuangan Balitkabi dan dari lima Kebun Percobaan lingkup Balitkabi sejumlah 32 orang. Acara workshop dibuka oleh Kepala Kebun Percobaan, Sumarno, SP.

Dalam sambutannya Ketua SDM Balitkabi yang diwakili Dr. Suharsono mengatakan bahwa kinerja penelitian sangat ditentukan oleh sistem perencanaan, implementasi di lapangan, dan manajemen keuangan yang baik. “Pengelolaan sistem keuangan yang baik mendorong kelancaran”, lanjut Pak Suharsono.

Sambutan Dr. Suharsono mewakili Ketua SDM Balitkabi.

Selain itu, menurut Pak Suharsono workshop ini berguna untuk penyegaran sistem keuangan (info baru sistem pengelolaah keuangan), berbagi pengalaman, serta meningkatkan pemahaman sistem keuangan bagi teknisi dan sebaliknya untuk pengeloaan keuangan agar memahami kegiatan penelitian di lapangan.

Drs. Mudjiono, PPK Balitkabi dalam paparan materinya menyampaikan struktur organisasi pengelolaan anggaran, susunan organisasi, kedudukan, tata kerja pengelolaan anggaran, tugas dan fungsi, dan persyaratan pengelola anggaran.

Peserta Workshop Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Petugas Pengelola Administrasi Keuangan.

Untuk materi Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran yang disampaikan oleh Suherni Natalis Setyowati, S.Sos, Bendahara pengeluaran Balitkabi. Adapun materi yang disampaikan meliputi: ketersediaan dana satker, mekanisme pelaksanaan pembayaran atas beban APBN, tupoksi Pemegang Uang Muka (PUM), Prosedur dan tata cara pemberian dana dan pertanggungjawaban uang muka, dokumen bukti pengeluaran, petunjuk pembukuan bagi Pemegang Uang Muka, dan model buku Pemegang Uang Muka.

Paparan pemateri workshop: Drs. Mudjiono, Suherni Natalis, S.Sos, dan Noer Wachidatin, B.Sc.

Selanjutnya Noer Wachidatin Widjajati, B.Sc., verifikator keuangan Balitkabi, menguraikan materi Laporan Keuangan. Dalam paparannya, Bu Noer, menguraikan: 1) pengertian, tujuan, dan fungsi laporan keuangan, 2) komponen laporan keuangan, 3) sifat laporan keuangan, dan 4) jenis-jenis laporan keuangan.

Pada setiap materi yang disampaikan pemateri selalu diakhiri dengan diskusi.Diskusi ini bermanfaat untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam hal pengelolaan sistem keuangan.

Acara workshop ditutup oleh Sumarno, SP, Kepala KP Genteng , dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di sekitar KP Genteng.