Berita » Peningkatan Kompetensi Pendamping Pemulia

Prof(R). Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si. membuka acara Bimtek

Prof(R). Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si. membuka acara Bimtek

Untuk kedua kalinya, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) Kementerian Pertanian melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Pendamping Pemulia (Co Breeder) dalam Rangka Pelepasan Varietas Tanaman Pangan. Diawali pada tahun 2020, dan pada tahun 2021 dilaksanakan secara daring dan luring, 16 Maret 2021. Pemulia kedelai Balitkabi, Muchlish Adie, diundang sebagai narasumber pada Bimtek pada tahun 2020 dan 2021. Bimtek diikuti oleh BPSB seluruh Indonesia, BPTP Balitbangtan, Perguruan Tinggi, dan pelaku perbenihan tanaman pangan.

Bimtek dibuka oleh Kepala Pusat PVTPP, Prof(R). Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si., dan disampaikan bahwa bimtek ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pemuliaan tanaman pangan. Lebih jauh disampaikan oleh Kapus PVTPP bahwa melalui bimtek ini, kegiatan pemuliaan akan semakin semarak di seluruh wilayah Indonesia, tujuannya adalah untuk mendukung peningkatan produksi tanaman pangan. Bahkan disampaikan oleh Erizal Jamal, kalau mau jujur, seandainya seluruh petani menggunakan benih unggul hasil pemuliaan, maka tidak sulit untuk melakukan peningkatan produktivitas tanaman pangan di Indonesia.

Muchlish Adie menyampaikan topik “Metode Pemuliaan dan Pengujian Adaptasi/Observasi dalam rangka Perakitan Varietas Unggul Baru Tanaman Aneka Kacang dan Umbi”.  Mengawali paparannya, Muchlish menyampaikan bahwa pengalamannya sebagai peserta co-breeder di Indonesia, 32 tahun yang lalu. Keikutsertaan dalam kegiatan ini memberikan nilai manfaat pengetahuan yang sangat tinggi, dalam rangka memahami proses-proses kegiatan pemuliaan tanaman pangan. Tiga bahasan yang dipaparkan meliputi metode pemuliaan, pengujian adaptasi dan observasi, dan strategi pelepasan. Semoga produk riset pemuliaan di Indonesia semakin memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

pendamping1 pendamping2
Pemateri dari Balitkabi dan peserta Bimtek Co-Breeder

AK