Berita ยป Peran Balitkabi pada Pembahasan Draft PERMENTAN dan RSNI Tanaman Pangan

standar

Balitkabi yang diwakili oleh Joko Susilo Utomo, Ph.D. turut berpartisipasi pada Pembahasan Permentan Jaminan Mutu Hasil Segar Komoditi Tanaman Pangan dan Revisi SNI komoditas pangan (Beras, Jagung, dan Kedelai). Rapat dibuka oleh Direktur PPHTP Ir. Gatut Sembogodjati, M.M., selanjutnya pertemuan dipimpin oleh Kasubdit Standardisasi dan Mutu pada akhir November 2019 di Bogor. Peserta rapat berasal dari seluruh pihak yang berkompeten dalam pembahasan topik tersebut diantaranya : seluruh wakil dari Direktorat lingkup Ditjen TP, Komisi Teknologi 65-11, stakeholder dari swasta serta Balitbangtan.

Acara pembahasan dibagi menjadi dua agenda. Agenda pertama berupa Rapat Koordinasi Subbag Hukum dan Humas Ditjen terkait proses tindak lanjut draft Permentan Penerapan Jaminan Mutu Hasil Segar Tanaman Pangan. Penajaman penetapan tipe skema sertifikasi, yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Produk atau Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP-P dan OKKP-D). Pembinaan Petugas pengawas mutu, pedoman fasilitator pembinaan mutu serta penerapan sistem jaringan mutu dan keamanan pangan. Target dari Permentan tersebut antara Peningkatan Mutu Hasil Segar Komoditas Tanaman Pangan yang mencakup : a) Perlindungan Konsumen, b) Perlindungan Pelaku Usaha, c) Standar Produk Domestik, dan d) Perdagangan Global.

Agenda kedua adalah pembahasan Revisi SNI Beras, SNI Jagung, dan SNI Kedelai. Draft SNI pada dasarnya telah disusun dari beberapa tahap pertemuan sebelumnya. Poin-poin penting di dalam RSNI untuk ketiga komoditas tanaman pangan tersebut dibahas secara mendetail dalam upaya melindungi produsen dan konsumen, melindungi pelaku usaha, serta memberikan standar yang tegas pada produk domestik dan sekaligus memenuhi syarat mutu bagi perdagangan global. Target dari pembahasan tersebut adalah pengajuan SNI Beras, SNI Jagung dan SNI Kedelai ke Badan Standardisasi Nasional Indonesia (BSNI).

Suasana rapat Komtek Tanaman Pangan

Suasana rapat Komtek Tanaman Pangan

JSU