Berita » Peringatan Hari Akreditasi Dunia 2013

a.ketut

Sebagai wujud meningkatkan komitmen bersama para stakeholder, Balitkabi diwakili oleh Manajer Mutu Laboratorium Penguji LP-518-IDN telah berpartisipasai dalam kegiatan “Pertemuan Teknis Akreditasi dalam Memfasilitasi Perdagangan dan Skema Penilaian Kesesuaian dalam Penguatan Daya Saing Perekonomian” (tanggal 11 Juni 2013) dalam rangka memperingati hari akreditasi dunia yang bertemakan Accreditation Facilitating Word Trade; yang diselenggarakan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Mentri Riset dan Teknologi, dihadiri oleh 1150 peserta yang terdiri dari perwakilan laboratorium, lembaga sertifikasi dan lembaga inspeksi yang telah diakreditasi oleh KAN serta perwakilan regulator dan industri.

Dalam keynote speech yang disampaikan oleh Bapak Wakil Menteri Perindustrian dan pidato pembukaan Bapak Menristek dapat disarikan bahwa, ke depan kebijakan pemerintah Indonesia tidak lagi menjadi produsen (mengekspor) bahan baku, tapi menjual dalam bentuk produk olahan sehingga nilai tambahnya tidak hilang ke negara lain. Untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut, perlu upaya peningkatan daya saing Indonesia melalui Standardisasi Produk Nasional dengan membudayakan penggunaan logo SNI pada setiap produk yang dipasarkan didalam dan di luar negeri (diekspor). Salah satu wujud nyata upaya meningkatkan daya saing Indonesia adalah melalui Akreditasi Laboratorium Penguji. Oleh karena dengan akreditasi memastikan kompetensi dan membangun kepercayaan.

Ketua KAN dalam sambutannya di antaranya menyatakan bahwa untuk lingkup SMKP (Sistem Manajemen Keamanan Pangan), KAN merupakan badan akreditasi yang pertama kali berhasil mendapatkan signatory MLA di antara anggota PAC. Implikasinya bagi laboratorium penguji Balitkabi, visi pengembangan ruang lingkup pengujian hendaknya terkait dengan parameter keamanan pangan termasuk kesehatan benih dari sisi sistem produksinya.

Ketut/AW