Berita » Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2020

Tanggal 10 November, merupakan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Berdasarkan sejarah, hari pahlawan ditetapkan pertama kali untuk mengenang sejarah pertempuran 10 November 1945 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. Sesuai dengan Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan, hari-hari Nasional yang bukan hari libur.

Tahun ini peringatan hari pahlawan mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Harapannya adalah bahwa bangsa Indonesia saat ini dapat terus mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kementerian Pertanian secara virtual menyelenggarakan upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional, yang langsung dipimpin oleh Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., Msi., M.H. Upacara dilaksanakan di ruang AWR Kementerian Pertanian RI, dan dihadiri oleh UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian. Balitkabi sebagai salah satu UPT Kementan mengikuti secara virtual upacara Hari Pahlawan Nasional tersebut. Upacara melibatkan seluruh ASN Balitkabi bertempat di Aula Balitkabi, beserta lima IP2TP di tempat masing-masing yaitu di Kendalpayak, Jambegede, Muneng, Genteng dan Ngale.

Tepat pukul 08.00 WIB acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan lagu Mengheningkan Cipta, pembacaan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Pesan-Pesan Perjuangan dari Pahlawan Nasional, yang dibawakan oleh Duta Petani Milenial dan Petani Andalan.

Pada kesempatan ini, Menteri Pertanian juga membacakan amanat Menteri Sosial. Disampaikan “Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia. Nilai-nilai kepahlawanan seperti : percaya kepada tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia”.

Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya menyatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu menghargai pahlawannya. Negara ini bisa kuat kalau kita bisa menghargai nilai-nilai perjuangan bangsa. Tugas kita saat ini dalam meneruskan perjuangan para pahlawan dengan merawat bangsa kita, agar tetap eksis dan seperti apa yang dicita-citakan dan diharapkan oleh para pendiri bangsa”.

Menteri Pertanian juga mengajak agar semua elemen masyarakat untuk tetap berjuang dan bekerja untuk melindungi dan menyelamatkan bangsa, agar negara ini tidak terperosot. Beliau menyampaikan agar seluruh jajaran Kementan, Penyuluh, Petani, Petani milenial dan Pemuda untuk terus berjuang dan bekerja bersama untuk melawan wabah covid-19 dengan giat dalam pengembangan pertanian untuk mendukung ketersediaan pangan bagi masyarakat di tengah pandemi Covid -19. Di akhir arahannya Menteri Pertanian yang terkenal dengan julukan SYL ini mengucapkan selamat hari pahlawan bagi semua rakyat Indonesia.

Dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2020 ini, semoga dapat menambah semangat dan inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kaum milenial untuk menerapkan nilai-nilai kepahlawanan untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Pemuda-Pemudi Indonesia yang terus berjuang sepanjang masa membangun bangsa dan NKRI.

pahlawan pahlawan2
Upacara Peringatan Hari Pahlawan secara virtual di Balitkabi (kiri) dan di IP2TP Kendalpayak (kanan)
pahlawan-3 pahlawan4
Upacara Peringatan Hari Pahlawan secara virtual di IP2TP Jambegede (kiri dan di IP2TP Muneng (kanan)
pahlawan5 pahlawan6
Peringatan Hari Pahlawan secara virtual di IP2TP Ngale (kiri dan di IP2TP Genteng (kanan)

EU