Berita » Peringatan HPS ke-41 di Cirebon

Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-41 diperingati seluruh dunia, pada tanggal 16 Oktober 2021, bertemakan Our actions are our future – better production, better nutrition, a better environment and a better life. Tema yang diangkat oleh Food and Agriculture Organization (FAO) tersebut mengandung arti bahwa tindakan kita adalah masa depan kita, untuk produksi, gizi, dan lingkungan yang lebih baik, serta ditujukan untuk kehidupan yang lebih baik.

Mentan SYL pada peringatan HPS ke-41 dari Cirebon

Mentan SYL pada peringatan HPS ke-41 dari Cirebon

Ungkapan ini mengacu pada pentingnya sistem pertanian pangan berkelanjutan, untuk membangun dunia yang lebih tangguh dalam menghadapi masa depan. Tema Nasional HPS adalah “Pertanian Meningkat, Pangan Aman ditengah Pandemik Krisis Global”.

Peringatan HPS ke-41 ditandai dengan acara panen dan tanam padi yang dipusatkan di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, 25 Oktober 2021, yang diikuti pula oleh 40 lokasi lainnya di Indonesia. Panen padi varietas Inpari 13 yang ditanam seluas 140 ha di Cirebon dilakukan oleh Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., didampingi oleh Komisi IV DPR RI, dan Wakil Bupati Cirebon. Hadir daring adalah perwakilan FAO, IFAD, WFP, dan Duta Besar dari berbagai negara. Jajaran Kementan, termasuk Balitkabi, juga mengikuti secara daring.

Mentan SYL dan Wakil Bupati Cirebon pada peringatan HPS ke-41

Mentan SYL dan Wakil Bupati Cirebon pada peringatan HPS ke-41

Mengawali sambutannya, Mentan SYL menyemangati dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka, diikuti oleh peserta yang hadir secara luring. “Sektor pertanian tidak pernah gentar menghadapi berbagai situasi”, pungkas SYL di akhir lagu penyemangatnya.

Lebih lanjut Mentan mengatakan bahwa Indonesia adalah negara keempat terbesar di dunia dengan 273 juta penduduk. Dalam rentang 2 tahun terakhir, tidak ada masalah kekurangan pangan. Indonesia selalu mampu menjaga ketahanan pangan.

Mentan SYL didampingi Wabup Cirebon melakukan pemanenan padi menggunakan Combine Harvester

Mentan SYL didampingi Wabup Cirebon melakukan pemanenan padi menggunakan Combine Harvester

Pada situasi pandemi ini, selalu was-was dan tidak ada negara lain yang bisa dijadikan rujukan untuk penyediaan pangan. Nyatanya, pertanian Indonesia selalu tumbuh, tidak terjadi stagnasi, pertanian tidak pernah surut.

“Kalau begitu, makna memperingati HPS ini adalah ungkapan syukur kepada Allah. Ungkapkan rasa terima kasih kepada petani, penggerak pertanian, lurah, camat, bupati, gubernur, dan sebagainya. Didepan kita, sudah menunggu berbagai tantangan, pemanasan global, ketersediaan air, perubahan cuaca, dan sebagainya,’ ujar Mentan SYL.

Melalui peringatan HPS ke-41, Mentan SYL mengajak untuk melakukan konsolidasi emosional seluruh anak bangsa. Tiada hari tanpa panen, Tiada hari tanpa tanam.

Perwakilan FAO pada peringatan HPS ke-41

Perwakilan FAO pada peringatan HPS ke-41

AK