Berita ยป Perkuat Hilirisasi Riset, Balitkabi Jalin Kerja Sama dengan Universitas Dwijendra

Rektor Universitas Dwijendra  Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc, M.MA bersama Prof. Dr. I Made Jana Mejaya mewakili Balitkabi  usai penandatanganan MoU di Universitas Dwijendra, Bali

Rektor Universitas Dwijendra Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc, M.MA bersama Prof. Dr. I Made Jana Mejaya mewakili Balitkabi usai penandatanganan MoU di Universitas Dwijendra, Bali

Berpijak pada misi mengembangkan jejaring kerja sama nasional maupun internasional dalam rangka penguasaan sains dan teknologi serta pemanfaatannya dalam pembangunan pada tanaman aneka kacang dan umbi serta untuk meningkatkan pemanfaatan inovasi teknologi akabi untuk mendukung bioindustri berkelanjutan melalui spektrum diseminasi multi channel pada 3 Maret 2020 bertempat di Universitas Dwijendra, Bali telah dilakukan penandatanganan kerja sama (MoU) antara Balitkabi dengan Universitas Dwijendra.

Prof. Dr. I Made Jana Mejaya yang mewakili Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S. menyambut gembira kerja sama antara Lembaga Litbang dengan Perguruan Tinggi ini. Kerja sama yang akan dilakukan dalam bentuk penelitian dan pengembangan teknologi tanaman pangan, yaitu aneka kacang dan umbi (kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar) serta serealia (jagung, gandum, dan sorgum) karena pada saat yang bersamaan juga dilakukan kerja sama dengan Balitsereal (Balai Penelitian Tanaman Serealia).

Kerja sama dimaksudkan untuk menguatkan hilirisasi atau komersialisasi hasil riset di sektor pangan, mengembangkan dan menyiapkan pangan alternatif bagi masyarakat, serta upaya memperkuat pertanian di Bali khususnya produk olahan pangan misalnya oleh-oleh khas Bali. Universitas Dwijendra telah menyiapkan lahan penelitian termasuk untuk uji adaptasi maupun percontohan tanaman pangan bekerja sama dengan kelompok tani agro wisata di Payangan, Ubud, Gianyar.

Selain kegiatan penelitian di Universitas Dwijendra, akan dilaksanakan juga kerja sama dalam bentuk publikasi hasil penelitian pada jurnal ilmiah, serta kegiatan praktek kerja lapangan/magang maupun penelitian tugas akhir mahasiswa Universitas Dwijendra di Balitkabi.

Rektor Universitas Dwijendra Dr. Ir. Gede Sedana menegaskan Universitas Dwijendra siap mengembangkan jejaring kerja sama nasional dan internasional dengan Balitkabi dalam rangka peningkatan profesionalisme dalam penguasaan IPTEK. Implementasi diseminasi hasil penelitian hingga ke ranah internasional, direncanakan akan diselenggarakan Konferensi Internasional bertema Pangan Berkelanjutan sekitar bulan September 2020 yakni kerja sama antara Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian melalui Balitsereal dengan Universitas Dwiijendra.

hilir2

AA/MJM