Berita ยป Perkuat Skill Analisis, Balitkabi Laksanakan Pelatihan Internal Analis Laboratorium Tanah dan Tanaman

Pelatihan internal analis laboratorium Balitkabi

Pelatihan internal analis laboratorium Balitkabi

Laboratorium Tanah dan Tanaman Balitkabi telah terakreditasi Komite KAN (LP-518-IDN) sejak 25 Mei 2011 dan menerapkan SNI ISO/IEC 17025:2017 sebagai acuan dalam pelaksanaannya. SDM laboratorium yang bermutu tentu merupakan salah satu persyaratan dalam pelaksanaan uji laboratorium, sehingga data yang diberikan valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, Balitkabi laksanakan Pelatihan Analisis Kimia pada tanggal 16 April 2021, yang dihadiri oleh Manajer Mutu, Plh. Manajer Teknis, Penyelia, dan Analis Laboratorium Tanah dan Tanaman Balitkabi. Dr. Heru Kuswantoro, S.P., MP., selaku Manajer Mutu menjelaskan pentingnya pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya memperdalam pengetahuan teori dasar dalam analisis kimia tanah, tanaman, dan pupuk. Ir. Erliana Ginting, M.Sc selaku Plh. Manajer Teknis Laboratorium Tanah dan Tanaman mengharapkan bahwa semua ilmu yang telah dimiliki oleh personel lama bisa diberikan kepada personel baru, sehingga akan terjadi regenerasi SDM dengan cepat.

Ekmi Luksmiawati Yunita, S.Si. sebagai narasumber dalam pelatihan ini, merupakan analis laboratorium tanah dan tanaman sejak tahun 1999, sehingga ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki sudah tidak diragukan lagi. Personel baru yang mengikuti pelatihan adalah Amri Amanah, S.P., M.Sc. sebagai penyelia, Lia Fani Nugraheni, A.Md., dan Moch. Bintang Kharisma sebagai analis. Ekmi memaparkan ruang lingkup pelayanan laboratorium, parameter analisis yang dikerjakan, konsep kerja masing-masing alat yang digunakan seperti Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) dan Spectrofotometer serta tahapan analisis tiap parameter. Semoga dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja masing-masing personel Laboratorium Tanah dan Tanaman.

AA

skill2 skill3
Manajer Mutu dan Manajer Teknis (kiri), serta narasumber (kanan) pada Pelatihan Internal Analis Laboratorium Tanah dan Tanaman