Berita » Perwakilan BASF Brazil Kunjungi Balitkabi

1-basf-1

Sebagai lembaga penelitian nasional, akhir-akhir ini, Balitkabi semakin sering dikunjungi tamu. Intensitas kunjungan terus meninggi, kadang sehari bisa tiga rombongan tamu sekaligus. Mereka yang datang tak melulu tamu domestik, namun juga tamu mancanegara. Para tamu tersebut datang untuk mengetahui lebih mendalam tentang Balitkabi, sekaligus menggali informasi produk Balitkabi, atau bahkan berkolaborasi dalam penelitian.

 

Kamis, 12 Juli 2012 silam, Balitkabi menerima perwakilan BASF Brazilia, Edson Begliomini Ph.D., bersama Sudakir dan Fathul Amin dari BASF Indonesia dan didampingi Prof. Koeswanto dan Dr. Sony W dari Universitas Brawijaya Malang. BASF merupakan industri skala internasional, bergerak di segala bidang dan salah satunya adalah bioteknologi. BASF, saat ini, memiliki program penelitian teknologi dan produk tanaman pangan bekerjasama dengan tiga negara yaitu China, India, dan Indonesia. Di Indonesia BASF telah bekerjasama dengan beberapa universitas antara lain IPB Bogor dan Universitas Brawijaya Malang.

Dr. Edson Begliomini memamparkan program BASF.

Saat menerima, Dr. Suharsono, Pejabat Kepala Balai, yang didampingi oleh Ketua Kelti Ekofisiologi, Pemuliaan serta beberapa peneliti, menjelaskan mandat, peran, dan fungsi Balitkabi. Sementara Edson Begliomini Ph.D. mempresentasikan program BASF.

Beberapa alasan BASF mengadakan kolaborasi penelitian dengan Indonesia antara lain: 1) regulatory; sekarang ini bahan aktif yang terkandung dalam pestisida bermacam-macam jenisnya, sehingga BASF ingin membatasi bahan aktif yang beredar; 2) resistance; karena banyaknya pestisida yang beredar dan seringnya pemakaian pestisida yang berulang-ulang sehingga menyebabkan ketahanan suatu tanaman berkurang, sehingga salah satu program BASF adalah membentuk ketahanan tanaman melalui senyawa kimia; 3) yield; hasil panen yang tinggi merupakan hal pokok dalam budidaya semua tanaman, sehingga BASF mempunyai program meningkatkan hasil panen melalui produk maupun teknologi, dan 4) performance; BASF berusaha menghasilkan produk-produk yang tidak hanya dapat digunakan dalam jangka pendek tetapi bisa berkelanjutan.

Dr. Edson Begliomini mencermati salah satu informasi tentang Balitkabi.


Dr. Edson Begliomini dan rombongan saat meninjau ke UPBS.

Terakhir BASF menawarkan kerjasama penelitian antara Balitkabi dengan BASF dengan cara membuat proposal dahulu yang kemudian akan diseleksi lebih lanjut oleh tim BASF.