Berita » Pesan Akhir Tahun Ka Badan Litbang Pertanian

a_1

Mengakhiri 2013, Kepala Badan Litbang Pertanian melakukan kunjungan kerja ke seluruh UPT Badan Litbang Pertanian yang ada di Jawa Timur, 27 – 29 Desember 2012. Diawali di Loka Penelitian Sapi Potong di Grati, bersamaan dengan kunjungan Gubernur Gorontalo, dilanjutkan kunjungan ke KP Kraton dan KP Pandean dan kunjungan 28 Desember diakhiri di Balitjestro. Tanggal 29 Desember diawali dengan berkeliling pertanaman di sekitar Balitjestro, kunjungan ke Balitkabi, BPTP Jatim dan diakhiri di Balittas.

Kunker KaBadan Litbang Pertanian saat ini memiliki arti strategis, untuk memotivasi dan menyongsong kinerja 2013, apalagi di Provinsi Jatim, terdapat lima UPT Litbang. Berbagai arahan Dr. Haryono M.Sc di antaranya adalah :

  • memperluas komunikasi menjadi tuntutan peneliti saat ini. Kunjungan Gubernur Gorontalo beserta jajaran pimpinan dinas di Provinsi Gorontalo, harus dijadikan ladang aplikasi teknologi di lapang, pada dunia yang sesungguhnya, hamparan nyata di lapang. Kesungguhan Pemda Gorontalo, harus disikapi oleh peneliti litbang untuk bermain bola-bola pendek dan cepat.
  • Kita harus mengambil pelajaran dan pesan dan perilaku keong. Keong memulai kehidupan dari rumah yang kecil, berkembang menjadi besar, bahkan hingga mati dan meninggalkan rumah dalam bentuk yang indah, bahkan rumah keong tetap memberikan manfaat kepada manusia. Seluruh karyawan Litbang, yang dibesarkan di Litbang, selayaknya berupaya berbuat terbaik dan manakala meninggal­kan Litbang, maka tetap memberikan kesan terbaik bagi lembaganya.
  • Litbang dibesarkan dari Kebun Percobaan (KP), ingat Kebun Cimanggu di masa lalu. Kita berdosa jika menelantarkan KP. Rencanakan dan bangun KP yang memang layak sebagai tempat penelitian. Penataan irigasi harus menjadi pikiran dan perhatian kita semua.
  • Rencanakan belanja modal, bangunan, dengan sebaik-baiknya, jangan asal-asalan. Diibaratkan kita menjahit sapu tangan, disambung dengan sapu tangan lain pada tahun yang akan datang, pada akhirnya dibuat baju. Mengapa tidak membuat baju dari kain yang utuh, bukan disambung-sambung. Ini harus menjadi perhatian kita semua, membangun yang bagus sekalian, jangan tambal sulam. Membangun sekarang harus ke atas bukan ke samping, karena lahan semakin terbatas.
  • Kinerja Kementerian Pertanian, sejatinya sudah sangat bagus. Fakta menunjukkan peningkatan produksi padi. Tunjangan Kinerja yang diterima jajaran Kemtan juga merupakan bukti prestasi nyata Kemtan, yang tentu di dalamnya ada peran Badan Litbang Pertanian. Gebrakan litbang, wajib dipertahankan oleh seluruh karyawan litbang, bahkan terus ditingkatkan. Perderas produk litbang sehingga stakeholders secara mudah dapat mengenali dan memanfaatkan inovasi litbang.
  • Tahun 2013, litbang akan menggerakkan kembali Corporate Culture dan Corporate Management.

Pada akhir kunkernya di Balittas, ka Badan Litbang Pertanian menyampaikan bahwa UPT Litbang yang ada di Jatim standingnya masih yang terbaik. Perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Terima kasih Bpk. Haryono, selamat jalan.

MMA/AW