Berita » Pesona Detap 1 di Bima

Keragaan Detap 1 oleh UD. Pemuda Kreatif (PDKT) di Bima (Foto koleksi P. Burhan)

Keragaan Detap 1 oleh UD. Pemuda Kreatif (PDKT) di Bima
(Foto koleksi P. Burhan)

Bahagia, bangga disertai doa dan harapan menyaksikan Detap 1 yang ditanam oleh UD. Pemuda Kreatif (PDKT) di Bima, Prov. NTB agar dapat meraih sukses seperti tahun sebelumnya yang mampu menghasilkan benih hingga 2,90 t/ha. Tidak salah kiranya harapan itu disematkan karena keragaan tanaman Detap 1 terlihat sangat bagus dan telah memasuki fase generatif. Sebagai produsen benih UD. Pemuda Kreatif telah mengembangkan untuk kedua kalinya varietas Detap 1 di Bima. Pada tahun 2020 UD. Pemuda Kreatif menanam varietas Detap 1 seluas 2 ha yang berlokasi desa Nggembe, Bolo, pab. Bima, prov. NTB. Inilah salah satu jawaban atas tantangan yang dikemukakan Mentan Dr. Syahrul Yasin Limpo, bahwa pertanian tidak boleh berhenti meski di tengah pandemi COVID-19. Dalam situasi apapun pertanian akan selalu hadir untuk memastikan ketersediaan pangan 267 juta penduduk Indonesia.

Disampaikan oleh Bapak Burhan yang merupakan penggagas sekaligus penggiat produsen benih kedelai UD. PDKT (Pemuda Kreatif), saat ini Detap 1 yang akan disertifikasi oleh BPSB menjadi benih kelas SS telah memasuki fase generatif. Saat observasi 1 Juni 2020, dari hamparan, tanaman terlihat seragam, teratur rapi dalam jarak tanam 40 cm x 10 cm, dengan daya tumbuh lebih dari 80%. Tanaman tumbuh subur, telah membentuk bunga dan polong, dengan tinggi tanaman mencapai sekitar 100-130 cm. Bunga dan polong yang terbentuk cukup banyak, polong terbentuk hingga ke ujung batang.

Daerah Bima sebagai produsen benih kedelai cukup potensial karena tersedia lahan kering yang cukup luas sehingga menjadi penyedia kebutuhan kedelai pada musim kemarau di lahan sawah, tidak hanya untuk kebutuhan kedelai di NTB tetapi juga daerah lain di luar NTB. Disampaikan UD. Pemuda Kreatif jika hasil Detap 1 yang sedang ditanam ini, sebagian besar telah dipesan oleh petani mitra. Perawatan tanaman dilakukan secara maksimal oleh UD. Pemuda Kreatif agar tanaman tumbuh tumbuh optimal sehingga produktivitas dapat menyamai produktivitas tahun lalu bahkan melampui.

detap2 detap3
 Keragaan Detap 1 di Bima (UD. Pemuda Kreatif) pada 1 Juni 2020 (Foto koleksi P. Burhan)

RDP