Berita » Petinggi BPTP Papua Barat Kunjungi Balitkabi untuk Mendapatkan Informasi Tentang Porang

Penjelasan Kepala Balitkabi tentang tanaman porang

Penjelasan Kepala Balitkabi tentang tanaman porang

Gaung porang sudah sampai ke bumi Cendrawasih (Provinsi Papua Barat). Untuk mengimbangi derasnya informasi tentang porang di media sosial, Ir. Demas Wamaer, M.P., selaku Kepala BPTP Balitbangtan Papua Barat, berburu informasi porang hingga ke Balitkabi. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. Dalam bincang-bincang tentang porang, Ir. Demas Wamaer, M.P., menyampaikan keinginannya untuk mengenal dan mendapatkan informasi tentang porang. Disampaikan oleh Kepala Balitkabi, bahwa pada awal tahun 2020 Balitkabi bersama-sama dengan Pemda Kabupaten Madiun telah melepas varietas porang pertama di Indonesia, yakni Madiun 1. Varietas porang tersebut berasal dari varietas lokal di Madiun Jawa Timur.

Untuk menggambarkan tanaman porang, dilakukan kunjungan ke pertanaman porang yang ada di IP2TP Kendalpayak, Balitkabi. Dr. Titik Sundari menyampaikan bahwa diantara 200 Amorphophallus, terdapat 6 spesies yang popular yaitu : A. muelleri (porang), A. paeoniifolius (suweg), A. oncophyllus (iles-iles), A. variabilis (walur), A. titanium (bunga bangkai), dan A. gigas. Lebih lanjut, dijelaskan pula bahwa sebagai pembeda yang mudah dikenali antara porang dengan spesies lainnya adalah adanya katak/bulbil yang muncul pada permukaan daun.

Dari pertanaman asal benih berupa katak, pada satu siklus hidup tanaman porang sudah dapat menghasilkan katak, yang dipanen pada saat daun dan tangkai daun mengering. Hasil katak ini dapat dijadikan bahan tanam lagi. Kepala BPTP Papua Barat sangat antusias melihat pertanaman dan diskusi porang, dan disampaikan pula keinginan untuk uji coba porang di Papua Barat. Tentu Balitkabi siap untuk memberikan pendampingan dan semoga porang juga berkibar di Papua Barat.

TS

papua1 papua papua2 papua4
Kunjungan ke pertanaman porang di IP2TP Kendalpayak dan porang koleksi Balitkabi