Berita ยป PKL Ihsan Fokus pada Karakter Morfologi Varietas Unggul Ubijalar

M. Ihsan Rosyadi saat pengamatan karakter morfologi varietas ubijalar di KP Kendalpayak Balitkabi.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa pertanian merupakan hal penting untuk mendalami ilmu yang diperolehnya di bangku kuliah. Pendalaman ini penting untuk bekal pelaksanaan skripsi. M. Ihsan Rosyadi, mahasiswa UGM, program studi pemuliaan, Jurusan Budidaya Pertanian melakukan PKL di KP Kendalpayak Balitkabi, dengan fokus pendalaman karakter morfologi varietas unggul ubijalar. PKL berlangsung 7 Maret 2013 s.d 5 April 2013 dengan pembimbing Ir. Yudi Widodo, MS, peneliti bidang budidaya ubijalar Balitkabi.

M. Ihsan Rosyadi saat pengamatan karakter morfologi varietas ubijalar di KP Kendalpayak Balitkabi.

Bahan varietas ubijalar yang digunakan: Beta 1, Beta 2, Kidal, Sari, Sawentar, Sukuh, dan Papua Solossa. Pengamatan difokuskan pada karakter morfologi batang, daun, bunga, dan umbi. Terdapat perbedaan antara hasil pengamatan dengan publikasi deskripsi pada beberapa varietas ubijalar yang ditanam di KP Kendalpayak. Perbedaan hasil pengamatan dengan publikasi deskripsi dimungkinkan terjadi akibat adanya interaksi tiap genotipe varietas ubijalar dengan lingkungannya. Tanaman ubijalar bersifat agrospesifik sehingga dimungkinkan terjadi perbedaan sifat kuantiatif maupun kualitatif.

Selain pengamatan karakter morfologi, Ihsan juga mengamati kegiatan pembalikan batang ubijalar. Pembalikan ini bertujuan untuk mencegah tumbuhnya umbi pada setiap ruas batang yang menempel pada tanah, yang pada akhirnya menghasilkan umbi kecil-kecil.

Ihsan saat pengamatan karakter morfologi varietas ubijalar di KRPL Balitkabi (kiri) dan Ihsan di area plasma nutfah ubijalar (kanan)

Hasil pengamatan ihsan tentang morfologi ubijalar Daun dewasa Varietas Papua Solossa (kiri), daun Dewasa Varietas Sawentar (kanan)

Kondisi putik varietas Sari (kiri) dan kondisi putik varietas Papua Solossa (kanan)

NCH/AW