Berita » Pompa Sibel sebagai Solusi Keterbatasan Air di IP2TP Ngale

Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Ngale merupakan salah satu aset pendukung dalam meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi Balitkabi. Seperti umumnya IP2TP yang lain, instalasi ini dianalogikan sebagai satu kebun dengan luasan tertentu yang memiliki karakteristik agroekosistem spesifik dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung sebagai tempat budi daya tanaman.

Kelangkaan air pada pertanaman padi di IP2TP Ngale

Kelangkaan air pada pertanaman padi di IP2TP Ngale

Perbedaan agroekosistem, luas lahan, ketinggian lokasi dari permukaan laut serta letak IP2TP menyebabkan penggunaan dan pemanfaatan yang beragam pula terhadap masing-masing kebun. Faktor-faktor tersebut yang seringkali menjadikan ritme kegiatan dan pemanfaatan lahan cukup beragam antar IP2TP.

Beberapa tahun terakhir ketersediaan dan kecukupan air menjadi kendala untuk mengoptimalkan penggunaan lahan di IP2TP Ngale. Solusinya adalah penyediaan sumber air tambahan selain yang bersumber dari air irigasi dari sungai. Pompa benam atau submersible (sibel) menjadi pilihan mengatasi keterbatasan air, dikarenakan memiliki kelebihan antara lain daya listrik yang digunakan cukup rendah, tidak berisik karena ditanam dalam tanah, efisien karena debit air yang dihasilkan cukup besar, serta awet karena terbuat dari bahan kedap air.

Menguji debit air mesin sibel (kiri) dan penentuan titik sumber air (kanan)

Menguji debit air mesin sibel (kiri) dan penentuan titik sumber air (kanan)

Hitungan ketersediaan debit air dari pompa sibel menggunakan bak penampung V Nout. Hasil pengukuran terukur besaran debit air mencapai sekitar 51.23 m3/jam. Dari fakta tersebut, maka potensi penggunaan pompa sibel saat pengolahan tanah adalah mampu mengairi 2,5-4 ha/23 jam, dan saat setelah tanam (pengairan tanaman) mampu mengairi 4-4,5 ha/23 jam. Dengan kapasitas mesin pompa tersebut diharapkan dapat lebih mengoptimalkan potensi lahan IP2TP Ngale terutama pada musim kemarau.

NAH – IP2TP Ngale